6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Meninggalkan Motor Selama Mudik

Otomotif118 views

METRO, Manado- Saat mudik Lebaran, pemilik motor cenderung memilih menggunakan angkutan umum seperti bus dan meninggalkan sepeda motornya di rumah selama beberapa hari.

Meninggalkan sepeda motor dalam kondisi tidak terpakai dalam waktu lama bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti sparepart dan resiko keamanan.

Bagi calon pemudik yang meninggalkan sepeda motor di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar saat kembali pulang setelah mudik, motor kesayangan tidak bermasalah.

Pertama, usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat sekaligus tidak meninggalkan bau tidak sedap selama ditinggal mudik. Perhatikan kebersihan bagian kolong step floor pada motor matic agar tidak luput saat membersihkan motor.

Kedua, kosongkan tangki bahan bakar jika sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama guna pertimbangan keamanan. Jangan lupa juga cek apakah ada kebocoran tangki dari bahan bakar, rembesan oli mesin, coolant dan oli suspensi.

Ketiga, wajib memeriksa kondisi tekanan ban sebelum ditinggal mudik, sesuaikan tekanan ban dengan ketentuan. Pada saat ditinggalkan dengan posisi parkir dalam waktu lama, biasanya tekanan angin ban dapat berkurang karena perubahan suhu. Ini biasanya terjadi jika ban tidak dilapisi alas, sehingga bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin. Penggunaan standar tengah dapat membantu kestabilan motor tetap terjaga dan kondisi ban tidak menerima beban berlebih atau tertekan oleh bobot motor ketika dalam kondisi parkir.

Keempat, sebelum meninggalkan motor sebaiknya cabut kedua kabel aki. Hal ini untuk menghindari aki soak setelah ditinggal lama. Aki yang kabelnya tidak dicabut dan ditinggal lama bisa soak karena baterai berpotensi masih mengeluarkan sedikit muatan listrik saat terhubung dengan motor.

Kelima, pastikan sepeda motor Anda disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan sebaiknya berada di dalam ruangan. Simpan motor di dalam rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, agar motor tetap bersih dari debu dapat menutupnya dengan menggunakan sarung atau cover motor.

Keenam, pastikan sepeda motor sudah dikunci dengan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk menghindari tindak kejahatan, motor yang ditinggal di rumah dihimbau selalu kunci setang dan pakai kunci tambahan.

Technical Service Dept Head PT Daya Adicipta Wisesa (DAW), Ridwan Suwandie, mengungkapkan merawat sepeda motor bukan hanya saat digunakan, namun juga perlu dipastikan kondisinya tetap prima dan terhindari dari kerusakan saat ditinggal selama liburan. “Sehingga kita dapat beraktivitas produktif kembali setelah kembali,” katanya.(71)

Komentar