29 Tahun Telkomsel: Maju Serentak Berikan Dampak Bagi Indonesia

Ekonomi23 views

JAKARTA- Memperingati usia yang ke 29 tahun, Telkomsel mengusung semangat untuk Maju Serentak Berikan Dampak. Telkomsel senantiasa terus hadir mendampingi masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik bagi setiap orang melalui ragam inisiatif, inovasi, dan aksi nyata yang dapat memperkuat inklusi digital nasional, sehingga membuka peluang kemajuan bangsa.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan di usia ke 29 tahun ini Telkomsel akan terus maju dan bertumbuh dengan memperkuat komitmennya yang sejalan dengan visi baru perusahaan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi

“Untuk mencapai hal tersebut, kami menjalankan misi baru dengan berupaya untuk dapat menyediakan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang setiap rumah dan kegiatan usaha untuk membuka semua peluang,” ujar Nugroho.

Menurutnya, selama 29 tahun Telkomsel telah secara konsisten menyediakan dan meningkatkan konektivitas infrastruktur jaringan broadband terdepan yang merata dan setara, menghadirkan jaringan 5G pertama dan terluas di Indonesia yang mencakup lebih dari 53 kota/kabupaten.

“Telkomsel juga menjadi yang pertama menghadirkan jaringan 4G di kapal PELNI, kemudian menjadi salah satu pendiri autonomous networks di dunia yang telah diimplementasikan di Indonesia sehingga jaringan dapat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi secara mandiri dan otomatis dengan lebih cepat,” ungkapnya.

Kata Nugroho, segmen bisnis digital telah menjadi penggerak utama transformasi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan dimana pertumbuhan data dan layanan digital telah mencatat kinerja positif di kuartal satu tahun 2024 dengan tumbuh sebesar 8,6 persen secara year on year dan meningkatkan kontribusinya terhadap pendapatan perusahaan menjadi 89,9 persen dari 84,4 persen tahun lalu.

“Oleh karena itu, menyadari dinamika industri telekomunikasi yang kian berkembang, Telkomsel terus beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapi berbagai tantangan dengan bertransformasi ke arah bisnis digital baik untuk segmen business to business maupun business to consumer,” ucap Nugroho.

Ia mengatakan, di segmen business to consumer, Telkomsel secara konsisten menyajikan solusi produk dan layanan digital yang memberikan nilai tambah dan berorientasi pada pelanggan, seperti mengintegrasikan layanan IndiHome ke dalam jaringan Telkomsel, menghadirkan layanan Fixed Mobile Convergence (FMC), dan meluncurkan produk Telkomsel One.

“Tak hanya itu, Telkomsel juga telah menghadirkan layanan eSIM untuk pelanggan di dalam dan luar negeri,” katanya.

Pada aspek sosial, kata Nugroho Telkomsel telah meluncurkan beragam inisiatif CSR yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat guna membentuk masa depan yang lebih baik. “Selain sebagai bagian dari peta jalan ekosistem inovasi, program NextDev telah berperan sebagai impact incubator yang mendukung startup digital berdampak sosial di Indonesia,” jelasnya.

Nugroho bilang, ada pula program Internet BAIK yang memberikan pelatihan literasi digital kepada lebih dari 29 ribu peserta, termasuk pelajar, guru, orang tua, dan komunitas.

“Sementara program digital creative entrepreneurs yang berfokus mengakselerasi kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia, telah mendukung akselerasi transformasi digital di lebih dari 2.500 UKM lokal,” tuturnya.

“Tidak hanya itu, Telkomsel juga melalui inisiatif filantropi “Sambukan Senyuman” aktif memberikan sejumlah bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan di seluruh penjuru Indonesia dengan menebar kebaikan dan kebahagiaan guna mendukung kehidupan yang lebih baik,” kata Nugroho menambahkan.(71)

Komentar