Gubernur Ancam Cek Sekolah-sekolah yang Masih Pungut Uang Komite

BAGI Ke :

Gubernur Olly Dondokambey

METRO, Manado– Keluhan masyarakat, khususnya orangtua murid terkait uang komite yang dipungut oleh sejumlah SMA Negeri akhirnya direspon oleh Olly Dondokambey.

Hal ini ditegaskan Gubernur Sulawesi Utara itu dalam rapat paripurna Penyampaian Laporan/hasil Pelaksanaan Reses II tahun 2018, Jumat (14/9/2018) sore.

Ia mengatakan bahwa setahu dirinya, sudah tidak ada lagi pungutan uang komite di sekolah-sekolah menengah atas negeri karena biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah.

“Saya akan cek sekolah-sekolah mana yang masih melakukan pungutan uang komite. Setahu saya, itu tidak ada lagi karena sudah ada anggarannya,” tegas Olly.

Gubernur juga meminta kepada DPRD untuk membeberkan laporan masyarakat soal sekolah-sekolah mana yang masih melakukan pungutan uang komite.

“Saya minta, kalau ada data sekolah-sekolah mana saja silakan dimasukan pada saya. Nanti saya cek,” tegas dia lagi.

Respon Gubernur ini pun mendapat tanggapan dari Ketua Komisi IV bidang Kesejahteraan Rakyat James Karinda SH. Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kota Manado itu memang menjadi tempat orangtua murid mengadu soal pungutan uang komite.

“Ini yang kami tunggu-tunggu. Karena laporan soal pungutan uang komite sudah berulang-ulang dan sudah cukup lama dikeluhkan masyarakat tapi tidak ditanggapi serius dari Dinas Pendidikan,” ungkap Karinda.

Politisi Partai Demokrat itu berharap, pungutan uang komite tidak ada lagi sehingga para siswa fokus untuk belajar. 

“Bayangkan saja ada siswa yang sudah lulus tidak bisa mengambil ijazah karena uang komite belum lunas. Ini kan masalah,” tandas politisi yang dikenal kritis itu. 

Penulis: Yinthze Lynvia Gunde

Leave a Comment