oleh

Tak Ada Bacaleg Mantan Napi Koruptor Di Minahasa

Rendy Suawa

 

METRO, Tondano – Hingar bingar soal apakah seorang mantan Narapidana Koruptor bisa masuk dalam daftar Calon Legislatif (Caleg) tak berpengaruh di Minahasa. Hal itu dikarenakan di Kabupaten Minahasa tak ada Bakal Caleg (Bacaleg) yang dikategorikan sebagai mantan Napi Koruptor.
Ketua Divisi Hukum, Keuangan dan Logistik KPU Minahasa Rendy Suawa tak menapik akan hal itu ketika dikonfirmasi, Senin (17/09/2018).
“Dari 344 Bacaleg untuk DPRD Minahasa dan telah masuk Daftar Calon Sementara (DCS) tak ada yang dikategorikan mantan Napi Koruptor,” tukas Suawa.
Menurutnya hal itu jelas terlihat dari Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri setiap Bacaleg yang dimasukkan ke KPU Minahasa sebagai syarat calon.
“Kalau memang dalam pengajuan 387 Bacaleg waktu lalu ada yang mantan Napi Koruptor tentu akan kami nyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sesuai Peraturan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota,” jelas Suawa.
Sehingga menurutnya direncanakan pada 20 September 2018 mendatang KPU Minahasa akan menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk DPRD Kabupaten. Namun sebelumnya KPU Minahasa telah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan. Tetapi dalam jangka waktu yang diberikan tak ada pemberikan tanggapan bagi seluruh Bacaleg.
“Kalau memang ada tanggapan pasti akan kami klarifikasi kepada yang bersangkutan. Jika terkait Napi Koruptor pasti ada proses verifikasi faktual untuk melihat kebenarannya,” pungkas Suawa.

 

Penulis: Marcelino

Komentar