oleh

Sepanjang Agustus, 12.869 Kg Sampah Terkumpul di Bank Sampah Mapanget

Penimbangan sampah di bank sampah Mapanget

 

METRO, Manado – Bank Sampah Kecamatan Mapanget yang berlokasi di depan Pasar Tani, Kelurahan Paniki Bawah menurut Camat, Reyn Heydemans, berhasil mengumpulkan 12.868 kilogram sampah sepanjang Agustus lalu.

“Sampahnya ada yang sampah plastik, kardus, kertas dan jenis sampah lain yang masih dapat diolah atau didaur ulang,” tukas Heydemans. Menurut dia, Bank Sampah ini dioperasikan sejak akhir tahun 2017 silam dan terus terus eksis hingga saat ini. Bahkan belum lama ini, bank Sampah Kecamatan Mapanget mendapat bantuan operasional sebesar Rp 5 juta.

Sementara untuk pembayaran nasabah, lanjut Heydemans dilakukan dengan uang tunai atau sembako. “Masyarakat bisa langsung membawa sampah ke bank sampah ini dan nanti akan ditimbang oleh petugas. Mekanisme pembayaran sampah masih sama yakni bisa langsung cash (ambil uang) atau sampah ditukar dengan sembako, seperti contoh, buah-buahan, sayur dan sebagainya. Yang ingin mengambil uang juga bisa langsung ambil saat membawa sampah tersebut atau ditabung nanti ambil seminggu kemudian, sebulan dan seterusnya, tergantung dari nasabah,” papar mantan camat Paal Dua ini.

 

Penulis: Reymond Fransisco

Komentar