oleh

12 Desa Di Minahasa Dapat Bantuan Pengembangan BUMDes

Jefry Sajow

 

METRO, Tondano – Diakhir tahun 2018 ini, 12 Desa di Kabupaten Minahasa mendapat bantuan dari Kementerian Desa. Bantuan dengan total anggaran Rp 600 Juta ini adalah untuk pengembangan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kami mengusulkan 14 Desa dan yang disetujui 12. Kini dananya sudah masuk ke rekening BUMDes dengan besaran Rp 50 Juta per desa,” tukas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Jefry Sajow, Kamis (27/09/2018).
Dijelaskannya 12 desa tersebut yakni Tulap Kecamatan Kombi, Kapataran Kecamatan Lembean Timur. Tandengan Satu, Touliang Oki, Watumea dan Ranomerut Kecamatan Eris. Pulutan Kecamatan Remboken, Tontimomor Kecamatan Kakas Barat, Wolaang Kecamatan Langowan Timur, Tempang Kecamatan Langowan Utara serta Timbukar dan Leilem Kecamatan Sonder.
Lanjut Sajow bantuan itu diperuntukan bagi pengembangan usaha BUMDes guna peningkatan dan penguatan perekonomian masyarakat. Dan berdasarkan usulan akan digunakan untuk usaha seperti Catering, Tenda, Fotocopy, Ternak babi dan mesin jahit.
Bahkan dikatakan Sajow jika untuk tahun 2019 telah diusulkan juga 3 Desa dan 1 Kawasan Pedesaan. Hal itu lebih pada pengembangan pariwisata setempat, namun masih menunggu persetujuan dari Kementerian.

Penulis: Marcelino

Komentar