oleh

Sulut Fokuskan Operasi Daerah Selamatkan Kemanusian Palu-Donggala

-Berita Utama, Sulut-56 views

Kepala BPBD Sulut Joy Oroh

METRO, Manado – Guna membantu masyarakat Kota Palu dan Donggala Sulawesi Tengah yang terkena dampak bencana, selama sepekan ini Propinsi Sulawesi Utara akan fokus pada Operasi Daerah Selamatkan Kemanusian.

Hal ini diungkap Gubernur Sulut Olly Dondokambey usai menjadi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor gubernur Senin (01/10/2018).

“Seminggu ini Pemerintah Propinsi Sulut fokus untuk memberikan dukungan secara penuh. Kita akan mengirim tim dokter, BPBD termasuk Satpol PP,” ujarnya.

Terkait pengungsi yang dievakuasi ke Sulut, Dondokambey menandaskan hal itu sementara dikoordinasikan dengan sejumlah pihak.

“Kami sementara mengkoordinir dan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait. Namun intinya Sulawesi Utara siap menerima pengungsi asal Palu dan Donggala,” kata Gubernur.

Sementara itu Kepala BPBD Sulut Joy Oroh saat ditemui secara terpisah mengatakan, Sulut sudah memberikan sejumlah bantuan untuk masyarakat Palu dan Donggala yang terkena bencana.

“Sejak Minggu (30/09/2018) kami sudah mengirimkan bantuan lewat laut dari pelabuhan Amurang, berupa selimut, makanan bayi, tikar dan lainnya,” kata Oroh.

Bantuan dari Sulawesi Utara itu diberikan melalui jalur laut dan udara.

“Jalan darat belum memungkinkan selain adanya isu penjarahan, juga kondisi medan jalan yang masih rusak parah. Jadi untuk sementara lewat laut dan udara,” jelasnya sembari mengatakan bahwa bantuan masyarakat Sulut dapat dikumpulkan di posko peduli di kantor gubernur.

Dijadwalkan, pada Senin (01/10/2018) ini sejumlah bantuan akan kembali dikirim ke Palu dan Donggala.

Penulis: Caesar Tombeg

Komentar