oleh

Cuaca Cenderung Ekstrim, Waspadai Peredaran Ikan Berformalin

-Info, Sulut-87 views

Ir Ronald Sorongan MSi

METRO, Mandolang – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut mewaspadai masalah klasik akibat cuaca buruk yang berdampak pada berkurangnya stok ikan di pasaran.
“Cuaca tak bersahabat yang sering terjadi dijelang akhir tahun seperti beberapa hari terakhir tentunya akan menyebabkan masalah klasik yaitu menurunnya persediaan ikan segar di pasaran,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Ir Ronald Sorongan MSi, Senin (22/10/2018).
Lanjutnya, ketersediaan ikan biasanya dipasok kapal-kapal nelayan dari luar dan pabrik ekspor ikan. Oleh karena itu pihaknya akan melakukan pengawasan agar tidak ditemukannya ikan berformalin beredar di Sulut
Dikatakannya juga bahwa kondisi perairan Sulut jelang akhir tahun biasanya kurang bersahabat. Hal itu menyulitkan nelayan melaut dan kerab dimanfaatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab guna meraup untung besar dengan menggunakan bahan berbahaya dan beracun.
” Kami menghimbau agar masyarakat teliti dalam membeli dengan membedakan antara ikan yang masih segar dengan berbahan‬ tambahan berbahaya seperti formalin,” tandas Sorongan.

Penulis: Cesar Tombeg

Komentar