oleh

Gubernur ‘Tegur’ Bupati VAP Soal Pejabat Plt

-Minut & Bitung-75 views

Sekda Ir Jemmy Kuhu MA

METRO, Airmadidi – Pencopotan sejumlah pejabat eselon II dari jabatan dan menggantinya dengan pelaksana tugas (Plt) di jajaran Pemkab Minahasa Utara menjadi perhatian serius Gubernur Sulut Olly Dondoambey SE.

Buktinya Gubernur telah menyurat kepada Bupati Minut Vonny A Panambunan STh (VAP) terkait mutasi jabatan sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab Minut. Pasalnya saat ini Pemkab Minut sudah mengoleksi kurang lebih 19 Plt jabatan pimpinan tinggi pratama.
Dalam surat Gubernur tersebut tembusan ke Kemendagri dan Menpan-RB, meminta agar Bupati Minut untuk segera menata kembali proses mutasi terhadap 19 pejabat pimpinan pratama yang Plt tersebut untuk mengikuti ketentuan yang berlaku.

Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu MA ketika dikonfirmasi Rabu (14/11/2018) kemarin mengaku akan menindaklanjuti surat itu. “Kami akan balas surat itu,” tutur Kuhu singkat.

Sementara itu Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Minut, Styvi Watupongoh saat dikonfirmasi membenarkan Pemkab Minut sudah menerima surat dari Gubernur Sulut sejak beberapa waktu lalu. Menurut Kaban, surat yang disampaikan tersebut merupakan balasan dari surat dari Pemkab Minut saat akan melalsanakan rolling jabatan beberapa waktu lalu. Dirinya membantah kalau surat itu meminta ke-19 pejabat yang di-Plt-kan tersebut dikembalikan ke jabatannya.

“Itu bukan surat teguran ke Bupati. Itu balasan dari surat yang kita kirim waktu akan melakukan rolling jabatan lalu. Surat dari Gubernur itu meminta penataan kembali jabatan yang ada di Pemkab Minut,” ungkap Watupongoh.
Diakuinya, Pemkab Minut pun sudah menyurati Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) saat akan melakukan mutasi itu. “Sampai sekarang belum ada tanggapan dari KASN,” jelas Watupongoh.

Ketika ditanya terkait tiga pejabat eselon II sebelumnya yang di-non job-kan dari jabatan. Watupongoh mengaku belum bisa berkomentar banyak. “Kalau itu kebijakan pimpinan (Bupati) dan bukan saya,” ujarnya.(RAR)

Komentar