oleh

ROR: Toleransi Dalam Pluralisme Kunci Kenyamanan dan Keamanan

Bupati didampingi Wakil Bupati menyerahkan bantuan hibah rumah ibadah

METRO, Tondano – Bupati Minahasa Royke O Roring (ROR) menyatakan betapa pentingnya sikap toleransi dalam kehidupan bermasyakat.
“Toleransi dalam Pluralisme akan menjadi kunci kenyamanan dan keamanan dalam menjalani kehidupan di tanah Minahasa tercinta ini,” kata ROR dalam Ibadah menyambut Natal bersama tokoh agama se Minahasa, Kamis (20/12/2018).
Karena menurutnya, kondisi masyarakat Minahasa memiliki berbagai macam suku, etnis dan budaya serta agama. Sehingga pemerintah dan tokoh agama memiliki peran penting dalam mencapai kehidupan toleransi.
“Mari kita ciptakan kesejukan dan tetap pertahankan kerukunan,” ajak Bupati.
Selain itu, ROR mengajak para tokoh agama bersama pemerintah mewujudkan tekad dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pelayanan. Terlebih khusus dalam melaksanakan amanat panggilan Tuhan.
“Kiranya dengan perayaan Natal ini dapat menambah spirit pelayanan, khususnya dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan,” jelas Bupati.
Ketua BPMS GMIM Pdt DR Hein Arina selaku Khadim dalam ibadah itu mengambil pembacaan alkitab dari Lukas 1:67-80.
“Sebagai tokoh-tokoh agama, ini adalah kesempatan yang indah untuk merefleksikan sehubungan dengan peristiwa di Betlehem,” tukas Arina dalam khotbanya.
Karena menurutnya isu global saat ini seperti masalah lingkungan hidup, kemiskinan, kesehatan, hak asasi manusia, narkoba dan trafiking membutuhkan jawaban serta peran dari tokoh agama.
“Solusi segala isu saat ini bagaimana membangun masyarakat yang punya etos kerja. Sebab Kerja adalah implementasi dari ibadah yang sesungguhnya,” tambahnya.
Oleh karena itu untuk membawa perubahan, Arina mengajak para tokoh agama menggunakan kekuatan ibadah sebagai berkat pengikat kuat bagi kehidupan yang ada kekeluargaan dan kerukunan.
Pada kesempatan itu Bupati bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey menyerahkan Tunjangan pimpinan agama dan THR pimpinan agama. Selain itu juga diserahkan bantuan dana hibah bagi 44 rumah ibadah dan 2 panti sosial serta sertifikat tanah sistematis lengkap.(cel)

Komentar