oleh

Disnakertrans Sulut Ditantang Hadirkan BLK Komunitas

-Sulut-48 views

Kadisnakertrans Sulut, Erny Tumundo

METRO, Manado – Program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktifitas, Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan melatih sebanyak 588.069 orang dan sebanyak 526.189 orang disertifikasi.

Untuk itu, Pemerintah Republik Indonesia meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bisa menghadirkan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di daerah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Disnakertrans Sulut, Ir Erny Tumundo MSi kepada media ini Jumat (11/01/2019) di ruang kerjanya.

”Ini program pemerintah yang memberikan kesempatan bagi lembaga atau organisasi masyarakat yang berkeinginan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan kerja,” ujarnya.

Lebih lanjut Tumundo mengatakan bahwa persyaratan tidak susah, karena lembaga atau organisasi masyarakat cukup memasukkan proposal ke Disnakertrans Sulut sebelum akhir bulan ini.

“Persyaratan proposal dan kesiapan lahan bersertifikat yang diserahkan ke Disnakertrans Sulut sebelum akhir bulan ini, karena laporan tersebut akan kami bawa ke panitia di Kementerian Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Tumundo mengatakan bahwa untuk Sulawesi Utara baru Pesantran Isiqomah yang sudah siap.

“Pesantren Isiqomah sudah bersedia untuk menyediakan lahan untuk dibangun BLK, dan proposal pun sudah disiapkan, bahkan mereka menyatakan siap jika ditempatkan 2 kejujuran dan kami harapkan lembaga/organisasi masyarakat lain bisa memanfaatkan peluang ini,” ujarnya lagi.

Seperti dirangkum media ini, usulan BLK Komunitas hanya menyediakan lahan untuk dibangun bangun senilai Rp 500 juta dan pengadaan fasilitas pendukung pelatihan semua akan di suplai oleh Kementerian Ketenagakerjaan.(CTG)

Komentar