oleh

Dilantik, Ole Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Mitra

Pelantikan Marti Ole.

METRO, Ratahan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (DPRD Mitra), resmi dinakhodai Marti Ole. Dilantiknya anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ikut menciptakan sejarah, Ole menjadi perempuan pertama yang menjabat jabatan tersebut.


Pelantikan dan pengambilan sumpah yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Tondano, ST Iko Sudjadmiko SH MH dilaksanakan melalui Rapat Paripurna yang berlangsung di Hall Sport Kantor Bupati Mitra, Senin (25/02). “Saya percaya, saudara mampu melaksanakan tugas yang dipercayakan, dan perlu diingat, sumpah saudara mengandung tanggungjawab yang harus dijalankan,” ujar Sujadmiko saat memimpin pengambilan sumpah dan janji.


Selain Ole, pelantikan juga dilaksanakan kepada anggota DPRD Mitra pengganti antar waktu, Artly Kountur S.Sos. Bupati Mitra, James Sumendap SH dalam sambutannya menyampaikan selamat bertugas kepada Ole dan Kountur. “Ini era baru bagi Kabupaten Mitra khususnya DPRD Mitra, karena untuk pertama kalinya DPRD Mitra dalam kurun sepuluh tahun terakhir, dipimpin oleh seorang perempuan. Ini menunjukkan, perhatian terhadap kaum gender di Mitra berjalan dengan baik,” tandas Sumendap.


JS, sapaan akrab Sumendap yang juga Ketua DPC PDIP Mitra menjelaskan, alasan partai menunjuk Ole sebagai Ketua DPRD menggantikan Alm Drs Tavif Watuseke. “Selain alasan gender, Ole menjadi representasi warga Pasan Pusomaen khususnya Ratahan untuk duduk sebagai pimpinan DPRD. Ini artinya, semua Dapil di Mitra telah menempatkan perwakilannya dalam pimpinan DPRD,” jelas Sumendap.


Sementara itu, Ole usai dilantik langsung menerima palu sidang dari pelaksana tugas Ketua DPRD Mitra, Toni Hendrik Lasut S.St selanjutnya langsung memimpin jalannya agenda persidangan. “Terima kasih kepada pimpinan DPRD Mitra dan Pak Bupati yang telah memproses pelantikan Ketua DPRD maupun pelantikan anggota DPRD pengganti antar waktu. Terima kasih juga kepada PDIP yang telah mempercayakan saya untuk jabatan ini, dengan harapan agar semua pihak dapat membantu saya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab ini, untuk sepenuhnya meningkatkan kesejahteraan rakyat Minahasa Tenggara,” tukas Ole.


Hadir dalam paripurna tersebut, Forkompida Mitra, Wakil Bupati Mitra, Drs Joke Legi, pimpinan dan Anggota DPRD Mitra, pejabat di Lingkup Pemkab Mitra, keluarga dari Ole dan Kountur, serta sejumlah tamu dan undangan.(ian)

Komentar