oleh

Cegah Virus Corona Masuk ke Sulut, Bandara Sam Ratulangi Tingkatkan Pengawasan

METRO, Manado- Guna menindaklanjuti Peraturan Menteri Perhubungan Udara nomor PM 80 tahun 2017, tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, maka dilaksanakan Pertemuan Komite Keamanan Bandara, bertempat di ruang rapat kantor administrasi Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, pada Kamis (23/01/2020) pagi.

Dalam pertemuan ini dibahas upaya-upaya strategis yang dapat dilakukan oleh instansi terkait, dalam rangka menjaga keamanan penerbangan khususnya di bandara. Salah satu yang dibahas terkait pencegahan penyebaran virus novel corona yang tengah mewabah di Cina.

Dari data yang diperoleh koran ini, diketahui bahwa kunjungan wisatawan Cina di Sulawesi Utara yang masuk melalui Bandara Sam Ratulangi Manado, sepanjang tahun 2019 tercatat mengalami peningkatan sebesar 8,5 persen dibanding tahun sebelumnya. Untuk itu, pengecekan terhadap para penumpang Cina yang datang ke Manado perlu untuk ditingkatkan.

Bandara Sam Ratulangi Manado melalui Kantor Kesehatan Kelas II Manado, tengah melaksanakan upaya pencegahan penyebaran virus ini agar tidak masuk ke Sulawesi Utara.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai, mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait, terlebih dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan di bandara.

“Dengan koordinasi ini, pengawasan yang dilakukan bukan hanya pada penumpang saja, tetapi juga terhadap barang yang akan masuk ke bandara, dalam rangka mencegah masuknya virus dari negara lain,” kata Minggus.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Manado, Yohanis Patari mengatakan, upaya pencegahan dilakukan dengan cara pendeteksian, mengamati setiap penumpang yang tiba dari Cina, dengan menggunakan alat thermal scanner yang sudah terpasang di area kedatangan internasional Bandara Sam Ratulangi Manado. “Sehingga jika terdeteksi suhu tubuh diatas 38 derajat maka akan kami bawa di ruang karantina untuk di observasi lebih lanjut,” ujar Yohanis.

Sebagai upaya antisipasi, Yohanis menghimbau agar setiap petugas di bandara yang melakukan pengawasan ataupun berkontak langsung dengan penumpang internasional khususnya dari Cina yang tiba dan berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi untuk selalu menggunakan masker serta menjaga kebersihan diri.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Komandan Lanudal Manado, Kepala Kepolisian Sektor Bandara, Otoritas Bandara Wilayah VIII, Airnav Indonesia, TNI/POLRI, Karantina Pertanian, Karantina Perikanan beserta Airlines dan petugas Ground Handling.(71)