Kemenpora Apresiasi Prestasi Valentine Lonteng di POPNAS

Nasional, Olahraga413 views

Valentine Lonteng didampingi Nitje Durant ketika bertandang di Kantor Kemenpora RI

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI memberikan apresiasi kepada sprinter putri muda asal Sulut, Valentine Vanesa Lonteng atas keberhasilannya meraih dua medali emas pada pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS), November 2019 lalu.

Selain sukses di POPNAS, pihak Kemenpora juga bangga karena Valentine mendapat kesempatan untuk berlatih di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Cabang Olahraga Atletik untuk persiapan mengikuti iven intertional.

“Pihak Kemenpora RI memberikan apresiasi dalam bentuk kesempatan untuk memilih sekolah unggulan olahraga yang dikelola oleh Kemenpora,” kata Nitje Durant, pelatih Valentine.

Menurut Durant, yang juga adalah mantan atlet sprinter nasional yang pernah berlatih di Amerika Serikat bersama Olivia Jacob, pilihan yang diberikan kepada Valentine oleh Kemenpora sebagai penghargaan.

“Valen bisa memilih sekolah olahraga yang dikelola oleh Kemenpora termasuk di Rangunan,” ujar Durant, yang juga adalah Sekcam Tumpaan.

Sebagai pelatih Nitje Durant juga mengaku bangga karena hasil yang dicapai oleh Valen selain mengharumkan nama Sulawesi Utara, juga untuk memotivasi para atlet muda di tempat asal Valen yakni Minahasa Selatan.

“Tentunya sebagai pelatih saya bangga atas prestasi yang kini diukir oleh Valen di level local Sulut bahkan nasional. Semoga di iven international dia juga bisa sukses,” kata Durant berharap.

Sebenarnya, Valen memiliki kesempatan untuk memperkuat Sulut di PON XX Papua. Pasalnya, limit waktu yang ditetapkan PB PASI pada saat pelaksanaan seleksi Pra-PON di iven POPNAS berhasil dilewati Valen. Sayangnya karena usianya masih relative muda, kesempatan untuk bertanding di PON pupus.(dni)