oleh

RSD Liun Kendage Terus Berbenah Ditengah Pandemi Covid-19

banner 1050236

Direktur RSD Liun Kendage Tahuna, dr Handry Pasandaran, ME

METRO, Sangihe- Di era Pandemi Covid-19 yang melanda Tanah air bahkan di seluruh dunia, sejumlah rumah sakit harus memberikan pelayanan yang terbaik atau pelayanan prima kepada masyarakat khususnya bagi pasien yang datang berobat. Hal ini juga dilakukan RSD Liun Kendage Tahuna.

Direktur RSD Liun Kendage Tahuna, dr Handry Pasandaran, ME ketika ditemui harian ini mengatakan, di era pandemi covid-19 ini pihaknya tetap berusaha memberi pelayanan yang prima kepada masyarakat, baik itu khusus pelayanan kesehatan bagi pasien covid-19 berupa pemeriksaan diagnostik rapid test sarcov-2 dan pemeriksaan swab tenggorok untuk pasien suspek covid yakni ODP, PDP maupun OTG.

Nakes RSD Liunkendage melayani pengambilan sampel swab dan kemudian sampel dikirim ke BTKL PP di manado untuk dilakukan pemeriksaan RT-PCR. Rumah Sakit Liunkendage juga memberikan pelayanan kesehatan lainnya yang sudah rutin berjalan selama ini terus dilakukan,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan Pasandaran, RSD Liunkendage juga memberi layanan unggulan (lihat grafis) di rumah sakit seperti layanan endoskopi akan lebih difungsikan.

“Sebenarnya saat ini sudah akan ada pelayanan endoskopi, ada pelayanan laparaskopi kemudian rumah sakit juga ada pelayanan Hemodialisa. Adapun keunggulan Pelayanan endoskopi antara lain dapat melihat dengan jelas lokasi dan jenis kelainan dalam rongga saluran cerna secara langsung pada penderita dengan bantuan monitor dalam waktu singkat
serta akurasi yang tinggi, dapat dilakukan biopsy untuk pemeriksaan Patologi Anatomi sehinggga dapat diketahui kelainan secara pasti, juga hasil pemeriksaan dapat langsung dicetak, kelainan langsung didiagnosis dan segera ditentukan cara mengatasinya,” ungkap Pasandaran.

Selain itu kata Direktur RSD Liun Kendage ini, keunggulan lain Edoskopi ini dapat dipakai untuk melakukan tindakan pengobatan kelainan saluran cerna (atas dan bawah), dengan resiko yang jauh lebih ringan dari pada operasi.

”Pada kondisi tertentu dapat menggantikan fungsi tindakan operasi, lebih nyaman, biaya lebih murah, dan rawat inap lebih singkat. Dan ini dapat juga dilakukan pada bayi dan anak-anak. Untuk kenyamanan dan mengurangi trauma selama tindakan dapat dilakukan pembiusan umum,” jelasnya.

Selain itu kata mantan Plt Kadis Kesehatan Sangihe ini, di era pandemik covid-19 ini pihaknya juga memberikan pelayanan rawat darurat 24 jam, pelayanan poliklinik spesialis pelayanan rawat inap baik ruang perawatan biasa kelas III,II,I maupun VIP serta rawat inap yang intensif.

“ rumah sakit juga siap untuk memberikan pelayanan antar dan jemput pasien. Memang selama ini konsepnya maupun protapnya sudah di siapkan supaya kalau misalnya ada masyarakat perlu dijemput akan dijemput, tapi ada biaya tambahan menjangkau wilayah yang akan di antar jemput,” ujarnya sembari menambahkan yang pasti RSD terus melakukan pembenahan agar dalam pelayanan nanti akan lebih maksimal sebagaimana upaya yang terus menerus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe di bawah pimpinan Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME demi perubahan dan kesejahteraan masyarakatnya. (iw’N)

Jenis pelayanan unggulan RSD Liun Kendage

1. Pelayanan bedah laparoskopik.
2. Pelayanan endoskopik.
3. pelayanan bedah Sentral dengan sistem terintegrasi.
4. pelayanan hemodialisa.
5. Pelayanan diagnostik EKG, treadmill, Echocardigraohy.
6. pelayanan operasi mata dengan laser, 7. Pemeriksaan X-Ray dan CT-Scan.
8. Pelayanan gawat darurat 24 jam.
9. Pelayanan pemeriksaan laboratorium, 10. Pelayanan Poliklinik dan Rawat inap spesiakis dan sub spesialis.
11. Pelayanan ambulans.
12. Pelayanan lainnya.