oleh

KPPS dan Pam TPS Harus Siap Dirapid Test

banner 1050236

METRO, Ratahan- Pencegahan covid19, terus menjadi perhatian serius dalam penyelenggaraan Pemilihan Serentak tahun 2020. Memastikan hajatan politik ini bebas dari ancaman wabah corona virus disease, penerapan protokol kesehatan pun jadi hal wajib dijalani semua jajaran penyelenggara.

Wolter Dotulong, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Tenggara (KPU Mitra) mengatakan, salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pemlihan Serentak Tahun 2020 yakni mewajibkan semua penyelenggara untuk dirapid test.

“Termasuk KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang baru saja dibentuk, wajib dirapid test saat akan bertugas. Itu salah satu syarat dalam perekrutan KPPS,” ujar Dotulong.

Selain KPPS, petugas pengamanan atau Pam TPS juga wajib menjalani rapid test sebelum bertugas. Hanya saja, Dotulong belum memastikan kapan pelaksanaan rapid test tersebut.

“Intinya pelaksanaan rapid test ini bertujuan untuk menciptakan Pemilihan Serentak yang aman dari covid19. Selain rapid test, semua penyelenggara juga wajib menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan setiap tahapan,” tandas Dotulong.

Mitra sendiri dalam pelaksanaan pemilihan serentak, jumlah KPPS yang akan bertugas pada pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember 2020 sebanyak 1960 orang. Sedangkan pam TPS sebanyak 560 orang.

“Mereka nantinya akan bertugas di 280 TPS yang tersebar di 144 desa/kelurahan,” pungkas Dotulong.(ian)

Komentar