oleh

Awal 2021, Pasien Covid-19 Minut Nyaris 900 Orang

METRO, Airmadidi – Total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) awal tahun 2021 ini nyaris menyentuh angka 900 orang. Berdasarkan data Dinas Kesehatan hingga Minggu (03/01) kemarin pukul 16.00 WITA, total pasien yang terkonfirmasi positif berjumlah 897 orang. Begitu juga total pasien positif yang meninggal dunia, mengalami penambahan.

“Total pasien positif berjumlah 897 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 31 orang pasien meninggal dunia,” papar Plt Kepala Dinas Kesehatan Minut, dr Alain Beyah Minggu malam.

Menurut Kadis, saat ini sebanyak 62 orang pasien sementara menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Minut dan di luar Minut. “Untuk yang dirawat di rumah saki yang ada di Minut saat ini berjumlah 16 orang. Masing-masing, RSUD Maria Walanda Maramis empat orang, RS GMIM Tonsea 10 orang dan empat orang lainnya di RS Sentra Medika,” urai Beyah.

Lanjutnya sebanyak 21 orang sementara menjalani isolasi mandiri. “Untuk total pasien yang dinyatakan sembuh berjumlah 804 orang,” imbuhnya.

Sementara dari 10 kecamatan yang ada di Minut, jumlah pasien positif terbanyak berada di Kecamatan Kalawat sebanyak 223 orang, diikuti oleh Kecamatan Airmadidi 168 orang dan Kecamatan Kauditan 105 orang.

Kadis kembali mengimbau agar masyarakat menaati anjuran pemerintah untuk menghindari keramaian dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Marilah kita menaati anjuran pemerintah agar kita bisa memutus penyebaran Covid-19,” imbau Beyah.

Untuk itu menurutnya masyarakat diingatkan untuk menerapkan 4M. “Masyarakat kami menghimbau agar waspada dan lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan 4M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan,” imbau Beyah.

Ditambahkannya saat ini, Minut masuk dalam kategori Zona Merah penyebaran Covid-19, untuk itu pihaknya terus menggiatkan langkah 3 T (Testing, Tracing and Treatment) yang turut berperan dalam menemukan kasus-kasus baru.(23)

Komentar