oleh

BRI Kanwil Manado Kucurkan Rp3,4 Triliun Dana PEN

METRO, Manado- PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Manado telah menyalurkan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) di wilayah Sulawesi Utara sebesar Rp 1 triliun. Di wilayah kerja Kanwil Manado yang membawahi empat provinsi, dana PEN yang disalurkan mencapai Rp 3,4 triliun.

“Kami juga gencar memasarkan KUR karena subsidi yang ditawarkan pemerintah cukup banyak. Di bulan Desember KUR yang disalurkan mencapai Rp 555 miliar untuk wilayah Sulut dan untuk Rp 3,3 triliun untuk Kanwil,” ujar Pemimpin Wilayah BRI Kanwil Manado, Rudy Andimono, beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, KUR terbagi dalam kategori KUR kecil dengan pinjaman maksimal Rp 500 juta, KUR mikro maksimal Rp 50 juta hingga KUR supermikro Rp 10 juta. “Dalam memasarkan KUR, kami dibantu tenaga marketing yang tersebar di seluruh kantor BRI,” ungkap Rudy.

Di tahun 2020, kata Rudy BRI juga sudah menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk pelaku UMKM. BPUM merupakan program yang diluncurkan untuk pelaku usaha mikro yang terdampak Covid-19. Dia menyebut, dalam penyaluran BPUM ke masyarakat penerima bantuan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, termasuk penyaluran dijadwal agar tidak terjadi penumpukan warga di kantor bank.

“Kedepan mekanisme penyaluran akan kami perbaiki,” tuturnya.

Selain penyaluran kredit, kata Rudy BRI juga menciptakan inovasi untuk membantu para pedagang di pasar tradisional, berupa program website pasar BRI. Program ini membantu para pedagang pasar untuk berjualan di tengah pandemi.

“Kehadiran website tersebut memberikan solusi dan alternatif bagi pedagang untuk tetap berinteraksi dengan konsumen tanpa tatap muka,” jelas Rudy.

“Secara umum di 2020 kami tumbuh dengan baik. Kami fokus pada program restrukturisasi, pemberian bantuan modal dalam bentuk KUR, PEN, program pinjaman dengan suku bunga murah. Utamanya kami mendorong UMKM agar mampu bangkit di tengah pandemi,” imbuhnya.(71)

Komentar