oleh

Disdukcapil Kembali Buka Pelayanan Secara Online

banner 1050236

METRO, Tondano- Sebagai salah satu upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Minahasa. Maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kembali membuka pelayanan secara online.

Pelayanan yang dibuka secara online adalah terkait pengurusan sejumlah dokumen kependudukan maupun pencatatan sipil. Diantara Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Pindah/Datang, Konsolidasi/ Pengalihan Data, Akte Kelahiran , Kematian, Perkawinan/ Cerai, Kutipan Kedua, Rekomendasi Perkawinan dan Kartu Indentitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Melky Rumate menjelaskan caranya adalah warga yang hendak melakukan pengurusan mengirimkan foto dokumen persyaratan pengurusan kepada nomor Whatsapp masing-masing pengurusan. Selanjutnya menunggu konfirmasi dari petugas setiap pengurus yang telah ditunjuk.

“Jika dokumen yang dibutuhkan, nanti akan dihubungi petugas untuk diambil di kantor kami,” jelasnya.

Hal itu dilakukan supaya tak ada kerumunan warga di kantor Disdukcapil. Termasuk memudahkan warga agar tak bolak balik untuk melakukan pengurusan.

Ini juga menurut Rumate sebagai bagian dari menunjang program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).(38)

Komentar