oleh

Vaksinasi Covid-19 di Minahasa Tunggu Petunjuk Pemprov

METRO, Tondano- Pemkab Minahasa masih menunggu petunjuk teknis dari Propinsi dan pemeritah Pusat untuk proses pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. Minahasa sendiri kebagian 1.870 dosis vaksin covid-19. Ribuan dosis vaksin itu masih tersipan di Dinas Kesehatan Propinsi.

“Hingga saat ini belum ada info terkait pelaksaan vaksinasi tahap pertama untuk kabupaten Minahasa. Kita masih menunggu petunjuk dari Propinsi dan Propinsi menunggu dari Pusat ( kementrian Kesehatan) untuk vaksinasi tahapan pertama di Kabupaten Minahasa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr Maya Rambitan.

Meski demikian kata Rambitan, Pemkab Minahasa telah siap melaksanaan vaksinasi cobid-19 tahap awal bagi Tenaga Kesehatan (Nakes).

“Kita sudah siap. Bahkan, beberapa puskesmas sudah melaksanakan simulasi. Untuk proses pelaksaan vaksinasi memang kita siapkan 22 Puskesmas dan beberapa rumah sakit. Tenaga khusus yang akan melakukan vaksinasi sudah dilatih.Intinya kita sudah siap tinggal menununggu petunjuk,” paparnya.

Lanjut Maya, proses pelaksanaan vaksinasi kemungkinan tidak serentak. Dengan jumlah 1900san nakes yang terdata, kemugkinan pelaksaan vaksinasi dilakukan secara bertahap.

“Kemungkinan tidak akan serentak.Akan dilihat sehari maksimal berapa nakes yang divaksin. Jumlah nakes di Minahasa memang terdata sekitar 1900san namun tidak semua nakes yang akan di vaksin. Nantinya akan di scraning lagi dan kemungkinan ada nakes yang tidak masuk kriteria atau tidak memenuhi syarat divaksinasi. Sehingga couta jumlah dosis untuk Minahasa bisa cukup,” terang Maya.

Seperti diketahui, gelombang pertama yang akan divaksinasi adalah para tenaga kesehatan. Kemudian gelombang kedua vaksinasi bagi TNI/Polri dan tahap tiga masyarakat umum. Menariknya, pimpinan kepala daerah termasuk Bupati Royke O Roring dan wakil Bupati, Robby Dondokambey bersama Forkopimda diwacanakan masuk gelombang pertama vaksinasi bersama para nakes.

“Akan dilihat apakah saat launcing nanti, bupati, wakil bupati bersama forkopimda akan divaksinasi bersama dengan para nakes.Saat ini kita masih tunggu petunjuk,” pungkasnya.(38)

Komentar