oleh

Didahului 15 Desa, DD Tahap I Mulai Disalurkan

METRO, Tondano- Dana Desa (DD) tahun 2021 mulai disalurkan. Namun penyaluran didahului bagi 15 Desa yang menjadi pilot project dan diserahkan Bupati Royke O Roring (ROR) bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD), Rabu (3/2) kemarin.

Dalam sambutannya ROR berharap kepada para Hukum Tua (Kumtua) agar segera menyelesaikan adminustrasi dan mempercepat penerimaan DD.
Selain itu diminta agar melakukan pengeloaan memperhatikan tiga fokus anggaran DD tahun 2021 sesuai Permendesa PDTT 13 tahun 2020. Ketiganya yakni pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa yang meliputi pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan Desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa, dan desa inklusif. Dan ketiga adalah adaptasi kebiasaan baru yaitu Desa Aman Covid-19.

Sedangkan untuk prioritas pembiayaan yakni Desa tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, sehat sejahtera, Keterlibatan perempuan Desa, Desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan, Desa damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa serta kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jeffry Tangkukung menjelaskan, dana tahap satu yang disalurkan dalam lauching itu berjumlah 5 Miliar lebih untuk 15 Desa. 15 Desa itu terbagi dari 13 Desa penyaluran reguler dan 2 Desa penyaluran Mandiri.

Desa penyaluran Reguler meliputi Tumpengan, Kaweng, Temboan, Palamba, Walantakan Karumengah, Taraitak, Toliang Oki, Leilem 2, Mokupa, Borgo, Poopo serta Koha . Sedangkan Desa penyaluran mandiri Kiawa Kecamatan Remboken dan Tounelet Kecamatan Kakas.(38)

Komentar