oleh

Konsolidasi jadi Fokus Utama Karang Taruna

METRO, Bitung- Pengurus Karang Taruna Bitung menggelar rapat kerja perdana di awal tahun ini. Rapat yang berlangsung Rabu (10/02) kemarin membahas program kerja yang jadi prioritas.

Rapat ini diadakan di rumah Bendahara Karang Taruna Bitung Fenny Tuange. Geraldi Mantiri dan Alfian Alow selaku ketua dan sekretaris memimpin langsung rapat tersebut. Turut hadir dalam rapat itu tiga orang Majelis Pertimbangan Karang Taruna Bitung, yakni Hezky Goni, Sandra Pangemanan dan Jerol Sahabang.

Geraldi dalam penyampaiannya mengutarakan prioritas yang ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa program yang bersifat seremonial akan dikurangi demi efektivitas.
“Makanya yang kita bahas program jangka pendek saja. Kalau jangka panjang arahnya cenderung muluk-muluk sehingga menyulitkan ketika dieksekusi. Yang penting yang sifatnya seremonial dikurangi supaya eksistensi kita bisa lebih terasa,” katanya.

Geraldi pun menegaskan program kerja yang akan dibahas harus yang sifatnya konsolidasi. Hal itu jadi prioritas mengingat Karang Taruna akan lebih potensial jika bermitra dengan berbagai pihak.

“Konsolidasi jadi agenda utama kita. Konsolidasi ini bukan hanya secara internal antar pengurus, tapi juga secara eksternal ke berbagai pihak. Ini juga sejalan dengan keberadaan kita sebagai mitra pemerintah dalam bidang sosial kemasyarakatan. Tapi tentunya kita tak hanya bermitra dengan pemerintah saja. Dengan semua pihak juga bisa sepanjang punya tujuan yang positif dan bermanfaat untuk orang banyak,” tutur tokoh muda yang juga politisi PDI Perjuangan ini.

Terkait kemitraan dengan pihak lain, Geraldi menyebut sudah ada dua organisasi yang menjajaki perihal itu. Dua organisasi dimaksud adalah Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia atau Perbakin, serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Khusus PWI kata dia, akan bekerjasama dengan Karang Taruna dalam hal sosialisasi program kerja serta kegiatan.
Sementara itu, perwakilan Dinas Sosial Pemkot Bitung yang hadir di rapat tersebut, Ronny Makagiansar, menyatakan dukungan penuh atas rencana program Karang Taruna. Ia pun menegaskan kesiapan pihaknya untuk memfasilitasi pelaksanaan program yang akan diluncurkan.

“Dinas Sosial mendukung penuh dan siap menjembatani program kerja Karang Taruna. Terutama yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, itu akan all out didorong,” ucapnya.(69)

Komentar