Terminal Tangkoko jadi Landmark Baru bagi Bitung

Maurits minta bantuan lampu jalan ke Dirjen Hubdar

METRO, Bitung- Terminal Tipe A Tangkoko seolah jadi landmark baru bagi Kota Bitung. Renovasi yang dilakukan beberapa tahun silam mengubah drastis penampakan fasilitas tersebut. Kini, kondisi di terminal itu mirip seperti bandara pada umumnya.
Demikian mencuat dalam peresmian Terminal Tipe A Tangkoko pada Sabtu (10/04) lalu.

Peresmian dilakukan oleh Budi Setiyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) pada Kementerian Perhubungan.

Suasana bak bandara terasa kental di terminal itu. Selain kebersihannya yang terjaga, keberadaan fasilitas penunjang yang disediakan juga jadi pemicu. Ada ruang tunggu yang full AC, keberadaaan sejumlah tenant yang mirip food court, serta hadirnya fasilitas foto booth makin memperkuat kesan itu. Ditambah lagi, pengumuman atau announcement di terminal itu dibuat seperti halnya di bandara.

Budi Setiyadi mengakui hal tersebut. Menurut dia, renovasi yang dilakukan memang untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan di Terminal Tipe A Tangkoko.

“Kenapa acuannya bandara? Jawabannya karena kita ingin pelayanan di terminal jadi seperti di bandara. Masyarakat atau penumpang yang datang jadi nyaman dan lebih dimanjakan dengan situasi yang ada,” katanya.

Budi pun berharap operasional terminal itu dapat dijaga dengan baik. Upaya pemeliharaan dan perawatan harus diperhatikan agar situasi terus nyaman. Sudah begitu, ia mengingatkan para petugas untuk bekerja dengan baik.
“Jangan sampai fasilitasnya sudah bagus tapi petugasnya tidak bagus,” pinta dia.

Anggota DPR RI Herson Mayulu juga menyampaikan hal yang sama. Herson hadir di acara itu karena kapasitasnya sebagai anggota Komisi IV yang merupakan mitra Kementerian Perhubungan.

“Harapannya pelayanan di sektor perhubungan darat semakin lebih baik,” ujar mantan Bupati Bolsel tersebut.

Sementara itu, Walikota Bitung Maurits Mantiri menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Perhubungan. Ia menilai perhatian yang diberikan lewat pembangunan Terminal Tipe A Tangkoko sangat baik.
“Ini juga jadi bukti bahwa komitmen pemerintah pusat membangun daerah sangat kuat. Dan harapannya perhatian yang sama akan terus diberikan dikemudian hari,” tuturnya.

Maurits pun sepakat jika Terminal Tipe A Tangkoko jadi landmark baru bagi Kota Cakalang. Ia mendukung penuh hal itu dan optimis akan berdampak baik terhadap identitas daerah. Karenanya, dalam kesempatan itu ia sempat meminta bantuan kepada Kementerian Perhubungan. Guna membuat Bitung semakin cantik, ia berharap ada bantuan penerangan jalan umum (PJU) dari kementerian itu.

“Kehadiran Terminal Tipe A Tangkoko dengan suasana yang baru sudah mempercantik Kota Bitung. Tapi agar supaya makin cantik lagi, kami berharap ada bantuan lampu jalan dari Kementerian Perhubungan. Kami sangat berharap ini karena kebetulan kami baru saja meluncurkan Program Bitung Terang. Di program ini kami menargetkan pemasangan 2.000 lampu jalan di seluruh wilayah untuk kepentingan umum. Jadi sekali lagi kami mohon dukungannya jika berkenan,” paparnya.

Budi Setiyadi yang mendengar permintaan itu langsung merespon. Ia berjanji akan mengupayakan bantuan dimaksud secepat mungkin. Menurut dia, untuk kepentingan daerah pihaknya pasti memberikan prioritas.(69)

Komentar