Tugu Batas Boltim-Minsel Kian Memprihatinkan

Boltim533 views

METRO, Boltim- Kondisi bangunan tugu batas Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tepatnya di Desa Mikotompia Kecamatan Mooat kian memprihatinkan. Dari kabar yang dihimpun koran ini, sejak Boltim dimekarkan dari Bolaang Mongondow Induk, tugu batas wilayah Boltim dengan Minahasa Selatan (Minsel) tersebut belum pernah diperbaiki. Tak heran bangunanya terlihat sudah sangat tua dan tidak terawat.

“ Sudah bertahun-tahun bahkan sejak Boltim dimekarkan, tugu perbatasan sebagai pintu masuk belum pernah direhab,” sebut beberapa warga Mooat ketika bersua dengan METRO baru-baru ini. Kata mereka, usulan pemeliharaan atau rehap tugu perbatasan menjadi tanggung –jawab Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim. Bahkan, dipemerintahan sebelumnya sempat diusulkan anggaran perbaikan tuguh batas wilayah. Tetapi sampai sekarang belum terealisasi. Warga pun berharap, pembangunan batas wilayah dapat menjadi perhatian pemerintah. “ Karena tuguh batas wilayah ini adalah icon pintu masuk para wisatawan yang datang ke objek wisata di Boltim.

Pantauan METRO, selain keberadaan bangunan tugu yang memprihatinkan, kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) Mooat dan jembatan sangat membutuhkan sentuhan anggaran untuk normalisasi sungai serta perbaikan jembatan. Ditempat terpisah, legislator DPRD Boltim Argo Sumaiku saat ditemui METRO mengungkapkan, bahwa terkait perbaikan tugu perbatasan Boltim dengan Minsel sudah lama diusulkan ke Pemda. Hanya saja masih terkendala anggaran.(40)

Komentar