HE Minta Tambang Tatelu Dipertahankan, Olly: Itu Aset Sulut

Pemerintahan989 views

METRO, Manado- Legislator DPRD Sulut, Henry Walukow berharap tambang rakyat di Tatelu, Kabupaten Minahasa Utara, bisa terus dipertahankan dan diperhatikan pemerintah.

Hal itu disampaikan Walukow saat membacakan pemandangan umum Fraksi Partai Demokrat terkait Ranperda tentang Pertanggunjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Sulut tahun anggaran 2020, di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Sulut, Selasa (15/6/2021).

“Mengharapkan tambang rakyat di Tatelu Kecamatan Dimembe, dan Desa Talawaan, Kecamatan Talawaan, Minahasa Utara yang dikelola oleh masyarakat yang sudah menjadi pusat perekonomian pendapatan kiranya dapat dipertahankan dan diperhatikan oleh pemerintah,” ucapnya.

Selain tambang, Fraksi Partai Demokrat juga berharap seluruh SKPD untuk dapat memacu kinerja agar supaya penyerapan anggaran dapat terealisasi seluruhnya.

“SKPD juga haris mampu mengimbangi dan mengikuti langkah cepat Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Pak Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk mewujudkan visi dan misi pemerintahan ODSK,” kata Walukow.

Dia menambahkan, Fraksi Partai Demokrat memandang agar pemerintah dapat lebih berkonsentrasi terkait pengelolaan aset Pemerintah Provinsi Sulut yang belum tuntas.

“Sehingga ke depan permasalahan terkait aset ini dapat diselesaikan,” ujarnya.

Fraksi Partai Demokart juga mememberikan apresiasi dan bangga kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey atas diresmikannya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ODSK yang sangat meawah dan didukung oleh fasilitas medis yang lengkap serta menjunjung tinggi profesionalitas dalam pelayanan.

“Dengan harapan dapat meningaktkan pelayanan kesehatan secara maksimal sehingga dapat menjadikan Provinsi Sulut sebagai destinasi kesehatan di kawasan Timur Indonesia,” ujar legislator dapil Minahasa Utara-Bitung itu.

Lanjut dia, Fraksi Partai Demokrat juga mengharapkan kepada Pemprov Sulut agar dapat mempertahankan harga kopra, pala, dan cengkeh pada tingkat yang mensejahterakan petani.

“Kami juga meminta pemerintah memperhatikan kesejahteraan para petani captikus,” tandasnya.

Soal tambang rakyat, Gubernur Olly Dondokambey menyatakan, pemerintah akan berpihak kepada masyarakat.

“Karena tambang itu diberikan buat masyarakat Sulawesi Utara, bukan diberikan kepada masyarakat di luar Sulawesi Utara,” katanya.

“Jadi apapun aset pemerintah, harta rakyat Sulawesi Utara, pemerintah akan selalu berada di belakang masyarakat. Tapi kita proses sesuai Perundang-undangan yang ada agar supaya kita tidak melanggar hukum,” pungkas Olly.(37)

Komentar