Tahlis Gallang Bekali Nelayan Bolmong

Totabuan181 views

METRO, Lolak- Guna meningkatkan penghasilan nelayan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, melalui Dinas Perikanan, menggelar pelatihan penggunaan alat tangkap pancing modern, sekaligus menyerahkan bantuan alat tangkap secara simbolis kepada Kelompok Nelayan, bertempat di pantai Chantika Desa Motabang, Kecamatan Lolak, Jumat (20/08) pekan lalu.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Tahlis Gallang SIP MM, sekaligus pemateri. Kepada kelompok nelayan, Sekda mengatakan selama ini nelayan tradisional dalam proses penangkapannya menggunakan alat pancing tradisional pula.

“Sehingga, dengan program pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati Dra Hj Yasti S Mokoagow, Pemerintah daerah menganggarkan bantuan alat pancing modern untuk digunakan dalam meningkatkan produktivitas perikanan laut,” kata Tahlis.

Dari pengalamannya sekda mengatakan, menggunakan alat pancing modern akan mendapatkan hasil lebih memuaskan. “Bahkan dalam proses penangkapannya lebih mudah kita lakukan dibanding dengan alat pancing tradisional,” ujarnya.

Diketahui Sekda Tahlis Gallang, juga pembina komunitas pancing Totabuan Angler, sangat menguasai alat pancing modern yang selalu digunakan dalam setiap waktu luangnya diluar jam kerja.

Bahkan dalam uji cobanya, Sekda Tahlis Gallang member bekal kepada kelompok nelayan, akan penggunaan alat pancing modern.

“Saya hanya sendiri, nelayan tradisional empat orang. Saya tantang selama sehari semalam, jika hasil mereka lebih banyak dari hasil tangkapan saya, saya kasih hadiah berupa uang tunai. Tapi buktinya empat orang itu kalah dengan saya menggunakan alat tangkap modern ini. Ini saya lakukan bersama dengan Nelayan Desa Ambang I,” tantang Sekda.

Tahlis menambahkan, ada beberapa metode teknik memancing dengan menggunakan alat tangkap modern. Ada teknik Trowling, ada teknik Jigging, casting, popping dan bisa juga digunakan untuk dasaran. “Kalau saya dan teman-teman mancing sering menggunakan teknik jigging. Semua tergantung dari daerah fishing ground yang tempat kita mancing,” tutur Sekda.

Selain Sekda Tahlis Gallang selaku pembina Totabuan Angler Community (TAC), juga DKP Bolmong menghadirkan pemateri lainnya dari komunitas mancing Kuda Tua Bolsel.

Selain alat pancing Modern, DKP Bolmong juga menyerahkan secara simbolis bantuan perahu nelayan kepada Koperasi Perikanan. Bantuan tersebut diserahkan oleh Sekda Tahlis Gallang SIP MM didampingi Kadis Perikanan Parman Ginano. Bantuan tersebut dianggarkan oleh daerah dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.(48)

Komentar