oleh

Kandouw: Olahraga Jadi Alat Pemersatu Bangsa

KETUA Umum KONI Provinsi Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw mengatakan bahwa olahraga menjadi alat pemersatu bangsa. Hal tersebut ditegaskan Kandouw ketika menyambut kedatangan kontingen Sulut yang telah berjuang di PON XX Papua, Jumat pekan lalu.

Selain sebagai alat pemersatu bangsa, Wakil Gubernur Sulut tersebut mengatakan prestasi olahraga telah mengangkat harkat dan martabat Sulawesi Utara di mata nasional bahkan internasional.

Karena itu, atas nama Pemerintah Provinsi, Gubernur Olly Dondokambey bersama rakyat Sulawesi Utara, Kandouw, yang juga adalah Wakil Gubernur mengucapkan terima kasih pada kontingen Sulut, yang telah sukses mendulang 4 medali emas, 6 perak dan 11 perunggu di PON XX Papua.

“Prestasi ini memberikan motivasi, harapan pada kita Sulawesi Utara, bahwa olahraga pertama menjadi alat pemersatu, kedua berprestasi dan mengangkat harkat Sulawesi Utara di mata nasional bahkan internasional,” ujar Kandouw.

Lebih jauh Kandouw mengatakan pemerintah dan 2,6 juta masyarakat Sulut mengucapkan terima kasih dan bangga dengan prestasi yang diraih kontingen Sulut di PON Papua. Sebab, capaian medali medali PON di Papua yang jauh melampaui target yang diusung yaitu melebihi raihan di PON Jabar 2016 lalu.

“Ini empiris pada PON empat tahun lalu di Jawa Barat, kita hanya menempati peringkat 31 dengan hasil 1 medali emas dan 8 perunggu. Namun kali ini di PON XX Papua kita meraih 4 emas, 6 perak dan 11 perunggu,” jelas Kandouw penuh kebanggaan.

“Dengan hasil tersebut bisa kita lihat bagaimana capaian yang luar biasa ini, hasil kerja, hasil latihan, hasil disiplin dan hasil kerja tim yang luar biasa ini dan doa seluruh rakyat Sulut. Selagi terima kasih dan kita bengga dengan capaian yang luar biasa ini,” tukasnya.

Sebelumnya, jajaran Pemerintah Provinsi Sulut yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey, beberapa waktu lalu juga telah menyambut kepulangan cabang olahraga Muaythai yang telah sukses menyumbangkan 2 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Sementara untuk kepulangan rombongan besar, Jumat lalu, terdapat cabang olahraga tinju yang berhasil merebut 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu. Juga ada cabor paralayang, kempo, layar dan karate, yang sukses mempersembahkan masing-masing 1 medali perunggu.

Pada saat penjemputan kepulauan kontingen besar Sulut dari Papua, Steven Kandouw didampingi Ketua Kontingen, Marsekal Pertama TNI Satriyo Utomo, yang juga adalah Danlanud Sam Ratulangi serta sejumlah pengurus KONI Sulut, yakni Kabid Umum, Ardiles Pericles Rorintulus.(dni)

Komentar