oleh

Ketum NPC Sulut Semangati Atlet Peparnas XVI Papua

KETUA Umum National Paralimpik Commite (NPC) Provinsi Sulawesi Utara, Billy Makal terus menyemangati program persiapan para atlet yang akan berlomba di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, 02-15 November 2021 mendatang.

Bersama sejumlah pengurus teras NPC Sulut termasuk Ketua Harian, Hilman Firmansyah Idrus ST, Sekum Richard Kundiman serta para pelatih yang menangani lima Cabang Olahraga, Billy Makal ikut berbaur bersama atlet di salah satu hotel yang dijadikan Asrama Pelatda Kontingen Peparnas Sulut.

Bahkan, mantan atlet Angkat Berat NPC Sulut tersebut kerap berada di lokasi latihan guna mensupport para atlet yang sedang menjalani program latihan. Dalam beberapa kesempatan, Billy Makal tampak berada di Kolam Renang, Ranowangun Sario Manado untuk melihat langsung para perenang Sulut.

Selain itu, Billy Makal juga kerap hadir di Lapangan KONI Sario Manado untuk melihat langsung persiapan cabang olahraga Panahan dan Atletik yang juga bersiap untuk tampil di Papua. Suntikan semangat dari pimpinan teras NPC Sulut semakin memotivasi para atlet dalam perjuangannya membawa panji Bumi Nyiur Melambai di ajang Peparnas XVI Papua.

Sebelumnya di ajang Peparnas XV Bandung Tahun 2016, Kontingen NPC Sulut berhasil mendulang enam medali emas masing-masing 4 dari Cabor Renang dan 2 dari Cabor Atletik. Secara keseluruhan renang mendapat 4 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Peraih medali emas Cabor Renang masing-masing Gerry Tuwaidan klasifikasi S10 nomor 400 meter gaya bebas, Steven Sualang S10 nomor 100 meter gaya punggung, Steven Sualang S10 nomor 50 meter gaya punggung dan Steven Sualang S10 nomor 200 meter gaya bebas.

Selanjutnya dari Cabor Atletik, kedua medali emas direbut Susan Unggu di nomor 100 dan 200 meter. Kemudian medali perak diraih Gerry Tuwaidan S10 nomor 100 meter gaya bebas, Gerry Tuwrald Loho S15 nomor 50 meter gaya punggung di Cabor Renang.

Selain renang, atletik juga berhasil menyumbangkan medali perak atas nama Junaedi Ahmad 400 meter T13 serta nomor 4×400 meter atas nama Junaedi, Jali, Suharman sa dan Jemmy. Di Cabor Angkat Berat, juga ada sumbangsih medali perak atas nama Billy Makal. Sementara Catur juga sukses memberikan medali perak atas nama Alfrits Dien.(dni)

Komentar