Pemkab Bolmong Bangun RS Pratama di Dumoga Raya

Totabuan626 views

METRO, Bolmong- Jika tak ada aral melintang, di tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), akan membangun Rumah Sakit (RS) Pratama yang berkedudukan di wilayah Dumoga Raya.

Hal itu, dikatakan Bupati Yasti Mokoagow, saat membuka Musrembang tingkat Kecamatan, dimana anggaran untuk pembangunan RS tersebut bersama fasilitas penunjang lainnya itu sebanyak Rp86 miliar.

“Kami telah merencanakan pembangunannya akan dimulai tahun ini yang nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas,” kata Yasti, Senin (22/02) kemarin.

Yasti Soepredjo Mokoagow, juga mengatakan, pekerjaan rumah sakit Pratama Dumoga Raya ini, tinggal menunggu selesai proses tender. Dana yang disiapkan itu, selain untuk pembangunan fisik, juga disiapkan untuk fasilitas penunjang petugas medis.

Menurut Yasti, dibangunnya rumah sakit Pratama Dumoga Raya, diharapkan akan lebih mendekatkan pelayanan masyarakat di enam kecamatan yang ada di Dumoga Raya.

Rumah sakit ini, nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas, serta dokter ahli dengan kapasitas 30 kamar. “Pekerjaannya, tinggal menunggu selesainya proses tender,” ujar Yasti.

Pembangunan rumah sakit Pratama Dumoga Raya ini, sebagai bentuk misi pasangan Yasti–Yanny, yakni mewujudkan pelayanan kesehatan yang cepat, terjangkau dan berkualitas.

Dengan memiliki luas wilayah yang cukup besar, pemerintah terus berupaya untuk memberikan pelayanan.

Saat ini Kabupaten Bolmong memiliki 18 Puskesmas dan satu rumah sakit. Dan rencananya akan ditambah satu rumah sakit untuk melayani 248. 751 jiwa.

Kendati demikian, Yasti mengaku meski telah disiapkan sarana penunjang, namun masih terjadi kekurangan tenaga kesehatan. Bahkan pada rekrutmen CPNS, dari 150 kuota yang disiapkan, yang lulus hanya mendekati angka 20. Begitu pula dengan rekrutmen dokter ahli, dari 50 kuota yang disiapkan, hanya 5 yang lolos seleksi CAT.

“Semoga, dengan dibangunnya rumah sakit Pratama Dumoga Raya, akan lebih mendekatkan pelayanan kesehatan di Dumoga Raya,” ujar YSM singkatan Yasti Soepredjo Mokoagow.(48)

Komentar