Turun Sosbang di Aertembaga, FK: ASN Jangan Beking Susah Rakyat

Politik161 views

METRO, Manado- Anggota DPRD Sulawesi Utara Fabian Kaloh melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di daerah pemilihannya Kota Bitung, tepatnya di Kecamatan Aertembaga, Rabu (23/2/2022) siang.

Kegiatan yang digelar di aula kantor kecamatan itu, dihadiri oleh Camat Olien Tempo, serta kurang lebih 10 lurah dan perangkat desa se Kecamatan Aertembaga.

Pada kegiatan tersebut, FK mengingatkan kembali soal pentingnya para Aparat Sipil Negara (ASN) untuk memahami wawasan kebangsaan, khususnya dalam melayani masyarakat.

“Birokrasi jangan berbelit, jangan beking susah rakyat,” ucap politisi PDIP itu.

Menurut dia, jika ASN bekerja dengan baik, tanpa membeda-bedakan rakyat itu adalah wujud dari kecintaan ASN kepada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kalau pelayanan prima, maka rakyat tidak akan ribut,” tegas mantan birokrat senior Pemkot Bitung itu.

Dalam bermasyarakat, FK juga mengingatkan kembali kepada para ASN dan aparat desa yang hadir agar menjadi agen ‘multi level marketing’ tentang nilai-nilai yang ada dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya mengajak kita semua belajar soal hidup rukun dan damai dari wilayah Aertembaga dan Pateten. Aertembaga mayoritasnya Kristen, dan Pateten mayoritas muslim. Mar kalo bakalae nda ja baku tanya agama apa. Torang boleh beda, tapi jangan baku salah,” ucapnya.

Sedangkan Sekretaris DPRD Glady Kawatu yang juga turut hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan bahwa tujuan dari sosialiasi wawasan kebangsaan yang dilakukan oleh anggota dewan adalah untuk menumbuhkan dan memperkuat kembali rasa nasionalisme untuk menjaga bangsa ini.

“Paham radikalisme, tidak bisa disangkal masih banyak di daerah kita. Lewat Sosbang para anggota dewan ini, kita akan semakin memahami bahwa perbedaan itu adalah kekuatan, dan perbedaan harus kita hargai dengan mencintai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Kawatu.

Sementara dalam sambutannya, Camata Aertembaga Olien Tempo menyampaikan terima kasih kepada Fabian Kaloh karena telah memilih wilayahnya menjadi tempat kegiatan Sosbang.

“Ini adalah kebanggaan bagi kami. Kiranya kegiatan ini akan semakin menumbuhkan rasa cinta kami terhadap Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tukasnya.(37)

Komentar