Kemenaker Akan Bangun BLK Minut Terbesar di Sulut

METRO, Jakarta – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) bakal dibangun di Kabupaten Minahasa Utara oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI). Terkait hal itu Perjanjian kerja sama telah ditandatangani Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan  Kemenaker RI, Jumat (26/08/2022) di kantor Kemenaker Jakarta.

Penandatanganan kerja sama tersebut terkait serah terima lahan dan bangunan, dalam rangka transformasi Balai Latihan Kerja (BLK). Serta penandatanganan nota kesepakatan peningkatan kompetensi antara Kemenaker RI, bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Nantinya dengan diserahkannya BLK Minahasa Utara, maka Kemnaker akan melakukan transformasi pengetahuan dan teknologi. Selain itu BLK Minahasa Utara akan menjadi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Minahasa Utara. Bahkan BLK itu, akan menjadi BLK UPTP pertama dan terbesar di Sulawesi Utara (Sulut), dan satu-satunya di Sulut.

Proses serah terima itu, dilakukan langsung Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., dan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemnaker, Budi Hartawa serta disaksikan Menteri Ketenagakerjaan, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.

Serah terima lahan bangunan dan penandatanganan nota kesepatan di Kemenaker.

Menaker menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Minahasa Utara, yang telah menghibahkan lahan dan bangunan, untuk pelatihan calon tenaga kerja handal. Kemenaker  telah menetapkan program Transformasi BLK, untuk mengenjot peningkatan kompetensi SDM, dan bantuan permodalan usaha bagi kelompok masyarakat. Wujud apresiasi dari Kemenaker itu, dalam waktu dekat akan segera direalisasikan pembangunan BLK UPTP di Minahasa Utara.

Bupati Joune Ganda menyampaikan apresiasi dan terima kasih, atas kerja sama dan sinergitas ini, dalam rangka pemanfaatan BLK dan peningkatan SDM tenaga kerja di Minahasa Utara.  “Biarlah kerja sama dan terobosan ini, akan memberikan dampak konstruktif bagi pengembangan BLK dan SDM Di Minahasa Utara, untuk menjadi tenaga skill dan expert,” tutur Ganda.(RAR)

Komentar