Puluhan Jurnalis Ikuti Media Gathering PLN Suluttenggo

Ekonomi30 Dilihat

METRO, Manado- PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo (Suluttenggo) menggelar media gathering, di Kantor PLN Suluttenggo, pada Senin (26/9) sore. Kegiatan ini diikuti puluhan jurnalis elektronik, cetak dan online.

Media gathering merupakan salah satu upaya PLN untuk terus memperkuat sinergi dan silaturahmi dengan media di Sulawesi utara sebagai salah satu sarana dalam penyampaian informasi ke publik terkait program PLN dan kondisi ketenagalistrikan

General Manager (GM) PLN Suluttenggo, Leo Basuki mengatakan, PLN tidak hanya berfokus pada penyediaan sumber kelistrikan yang andal bagi masyarakat, tetapi juga bertanggung jawab memberikan edukasi program kelistrikan di wilayah Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo.

“Kami mengundang rekan-rekan media untuk kembali berinteraksi dan bertukar informasi secara langsung, karena selama 2 tahun ini komunikasi dengan awak media terbatas akibat kondisi pandemi,” ujar Basuki.

Menurutnya, berbagai program kelistrikan dari PLN Suluttenggo bisa diketahui masyarakat dan pelanggan berkat peran media elektronik, cetak dan online. “Semoga kerja sama ini terus terjalin, sehingga semua informasi kelistrikan bisa diketahui oleh masyarakat dari media,” katanya.

Di era keterbukaan informasi yang diwarnai kemunculan berita-berita hoaks dan negatif, Basuki berharap media-media di Sulawesi Utara dapat berperan menghadirkan berita-berita positif dari sumber terpercaya. “Berita-berita yang dihadirkan harus bersifat edukatif dan mampu menggugah rasa keingintahuan pembaca,” ungkapnya.

Basuki juga mengungkapkan bahwa sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder dan instansi pemerintah penting untuk disampaikan kepada masyarakat. “Supaya semua orang mengerti dan paham program-program kelistrikan dari PLN,” jelasnya.

Selain bisnis kelistrikan, menurut Basuki PLN Suluttenggo juga fokus pada tanggung jawab sosial lingkungan (program CSR) lewat berbagai kegiatan sosial membantu masyarakat dan komunitas.

“Kami selalu bekerja sama dengan stakeholder terkait dalam setiap program CSR. Diantaranya PD Pasar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, serta Dinas Koperasi dan UMKM,” ungkapnya.

Salah satu program CSR yang terbaru, menurut Basuki yaitu pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA) untuk proyek pengerasan jalan di Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan. FABA, kata Basuki merupakan limbah hasil pembakaran batu bara yang berasal dari pembangkit di PLTU

Di proyek ini kami bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk membantu masyarakat memiliki akses jalan yang baik. Semua program CSR semata-mata untuk masyarakat,” tukasnya.

Media gathering kali ini sekaligus menjadi ajang perpisahan bagi Leo Basuki dengan awak media di Manado. Setelah kurang lebih dua tahun enam bulan menakhodai PLN Suluttenggo, Basuki dipercaya pada jabatan baru di kantor unit PLN yang lain.

“Terima kasih kepada rekan-rekan media yang selama ini sudah sangat membantu kami. Apresiasi kepada rekan-rekan karena sudah membantu menyebarluaskan apa yang kami lakukan kepada masyarakat,” pungkas Basuki.(71)

Komentar