Gelar Rakor Verfak Pengurus dan Keanggotaan Parpol, KPU Gandeng NGO dan Media

Politik133 views

METRO, Manado- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara menggelar rapat koordinasi (rakor) verifikasi faktual pengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta pemilu tahun 2024 bersama stakholder, NGO, dan media, Kamis (13/10/2022).

Dalam rakor ini selain verifikasi faktual, juga berkembang terkait daerah rawan saat pemilihan, fasilitas bagi fisabilitas, serta netralitas aparat TNI dan Polri.

Karo Ops Polda Sulut Kombes Pol R. W. Wirawan mengatakan bahwa ia melihat ada beberapa wilayah di Sulut yang berpotensi rawan.

“Kerawanan di daerah saya melihat ada beberapa, misalnya wilayah warga masuk Kota Manado, tapi administrasinya ikut Minahasa Utara. Itu hanya sebagian kecil. Nanti akan ada kebijakan KPU seperti apa polanya,” katanya Wirawan yang menjadi narasumber dalam rakor ini.

Terkait pemetaan daerah rawan dan tidak rawan saat pemilu, kata dia, kepolisian sudah ada pola untuk penananganannya.

“Kami akan membagi tiga pola, kita akan lihat tempat aman, rawan, dan sangat rawan,” sebutnya.

Wirawan menegaskan bahwa pihaknya siap membackup KPU untuk mengakomodir semua kebutihan masyarakat agar pemilu berjalan aman dan tertib.

“Begitu juga bagi disabilitas yang akan memilih di TPS akan kita perhatikan,” paparnya.

Ia berharap akhir tahun atau awal tahun 2023 pandemi sudah berakhir.

“Kita harap sudah normal kembali. Untuk starteginya jika pandemi sudah berkahir, jelas kita ikuti kebijakan apa yang diambil pemerintah pusat,” sebutnya.(37)

Komentar