Apel Siaga Operasi Ketupat Samrat, PLN Bersinergi Jaga Keandalan Listrik Idul Fitri 1444 H

Ekonomi149 views

METRO, Manado- Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Polda Sulut) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi ‘Ketupat Samrat 2023’.

Apel Siaga ini mengangkat tema ‘Mudik Aman Berkesan’ untuk mengatisipasi dan memastikan kegiatan mudik pada libur lebaran tahun ini dapat berjalan aman dan nyaman.

Pada Apel ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, S.E. bersama seluruh jajaran Forkopimda Sulawesi Utara.

Hadir pula sebagai penggelar Apel Siaga, Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Setyo Budiyanto serta General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo sebagai otoritas pengelola kelistrikan di Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya Olly Dondokambey menghimbau beberapa hal penting yang perlu diperhatikan berbagai elemen pengamanan dalam menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi seluruh pemudik maupun seluruh umat muslim yang merayakan Idul Fitri tanpa mudik.

Olly pun menyampaikan dalam memastikan agar seluruh skema dan langkah siaga berjalan dengan baik, tidak lupa pula diperlukan persepsi humanis agar kondisi nyaman juga dapat tercipta sambil aturan dan ketertiban dapat dijalankan.

“Kedepankan langkah-langkah humanis dan pedomani SOP agar dapat memberikan pelayanan terbaik,” kata Olly.

Olly pun mengajak segenap stakeholder yang hadir untuk dapat bergandengan tangan bersama untuk dapat memastikan Operasi Ketupat Samrat 2023 dapat terlaksana dengan baik.

“Perkuat sinergitas antar badan keamanan dan stakeholder terkait karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan operasi ketupat tahun 2023,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Olly mengapresiasi tinggi seluruh elemen keamanan lintas sektoral yang bersatu padu dengan kompak menjaga keamanan Idul Fitri di Sulawesi Utara.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel keamanan yang terlibat,” tutup Olly.

Senada dengan Olly, Ari Dartomo pun menyampaikan bahwa PLN sudah memberlakukan status siaga semenjak puasa ramadhan dimulai dengan mengerahkan 379 personel PLN, serta sebanyak 1.783 orang personel yang tergabung dengan Tenaga Alih Daya dan Mitra Kerja yang tersebar di 87 posko siaga wilayah Suluttenggo, dengan menerapkan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam demi menjaga keandalan pasokan listrik.

“PLN tentunya akan berupaya memastikan keandalan pasokan listrik selama Bulan Ramadhan dapat terjaga dengan baik”, kata Dartomo, saat ditemui di sela-sela Apel.

Selama masa siaga Idul Fitri 1444 H yang berlangsung mulai dari tanggal 15 hingga 29 April 2023, PLN Suluttenggo tak hanya memaksimalkan operasional pembangkit listrik eksisting, tetapi juga menyiapkan suplai cadangan dengan menyiagakan 64 unit genset, 48 unit gardu bergerak (UGB), 6 unit uninterruptible power supply (UPS), serta 5 unit kabel bergerak (UKB).

“Kami berharap sinergitas dengan Pemerintah Daerah, Polda Sulut dan juga semua stakeholder kami dapat menjadi kunci kinerja PLN dalam membawa terang Ramadhan tahun ini,” ungkap Dartomo.

Ari Dartomo pun mengajak elemen masyarakat untuk turut serta bersama-sama dapat melaporkan berbagai potensi gangguan listrik dan bahaya kelistrikan di sekitar lingkungan sehingga dapat membantu PLN dapat mempercepat pemulihan jika terjadi gangguan.

“Mari mafaatkan fitur pengaduan pada aplikasi PLN Mobile untuk melaporkan keluhan anda,” ajak Dartomo.

Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.(71

Komentar