Samapta Periodik Semester I TA 2023 Kodim Manado

Sulut87 views

METRO, Manado- Dalam rangka memelihara dan membina fisik secara berkala, Kodim 1309/Manado melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I dan yang melaksanakan Uji Kenaikan Pangkat (UKP) tahun 2023 bertempat dilapangan Universitas Samratulangi (Unsrat) Kel. Kelak, Kec. Malalayang, Kota Manado, Selasa (23/05) pagi.

Garjas Periodik ini merupakan program rutin dari komando atas, bertujuan untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik para prajurit agar dapat menjalankan tugas pokok berjalan dengan sesuai standar operasional.

Sebelum melaksanakan tes kesegaran jasmani A dan B, personel Kodim 1309/Manado terlebih dahulu melaksanakan pengecekan tensi dan kesehatan oleh tim kesehatan, dilanjutkan dengan pengisian blangko Samapta, serta senam peregangan dibawah pengawasan langsung dari tim Jasrem 131/Stg.

Pelaksanaan samapta meliputi Garjas A dan B yakni lari 12 menit di lintasan lari, pull up, sit up, push up selama 1 menit, lunges, dan shuttle run.

Di lokasi, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) juga tampak hadir mengawasi kesegaran jasmani periodik dan yang melaksanakan UKP Prajurit Kodim 1309/Manado. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Untuk itu, jaga keselamatan dan kontrol diri selama melaksanakan tes garjas periodik dan yang melaksanakan UKP ini. Karena para Prajurit lah yang lebih memahami kondisi fisik masing-masing,” ucap Letkol HTL.

Pada pelaksanaan Samapta dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit jajaran, sehingga dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya, semua bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Sementara dalam arahan Jasrem 131/Stg menekankan agar pelaksanaan Samapta harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, serius, penuh semangat, namun tetap memperhatikan faktor keamanan.

“Harapan kami dari Jasrem untuk meningkatkan sekaligus membina kemampuan fisik prajurit, serta sebagai tolak ukur kemampuan para personel. Karena itu saya minta kegiatan ini harus dilaksanakan dengan serius namun tetap menjaga faktor keamanan,” harap tim jasrem.

Dimulai sejak pukul 06.00 wita hingga selesai, pelaksanaan tes kesegaran jasmani atau samapta periodik, semester I tahun 2023 Kodim 1309/Manado berjalan tertib, aman dan lancar. Seluruh prajurit jajaran mengikuti kegiatan dengan serius dan penuh semangat.

Pada Samapta kali ini, diikuti juga personel dari Korem 131/Stg, Kodim 1309/Manado, Ajenrem 131/Stg, Denpom XIII-1/Mdo, Denzibang XIII-1/Mdo, Denpal XIII-1/Mdo, dan Denkesyah 13.04.01 Manado.(50)

Komentar