Program Penghijauan Kodim Manado di Warembungan

Sulut102 views

METRO, Manado- Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Komando Distrik Militer (Kodim) 1309/Manado melaksanakan Aksi penghijauan di Desa Warembungan, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulut, Senin (4/9/2023).

Pemanasan global tidak lagi menjadi isu belaka, melainkan telah ada fakta yang nyata. Dibuktikan dengan pergantian musim antara kemarau dan penghujan sulit diprediksi. Tindakan nyata yang dapat dilakukan untuk mencegah semakin memburuknya lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan.

Dalam kegiatan penghijauan dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han), dalam rangka pelaksanaan program kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup tahun 2023 di wilayah Kodim 1309/Manado.

Penghijauan memiliki pengertian luas sebagai segala upaya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kembali kondisi lahan agar dapat bermanfaat secara optimal sesuai dengan fungsinya semula.

Dandim 1309/Manado dalam sambutannya mengatakan Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan yang merupakan program dan pemerintah dari komando atas yang harus dilaksanakan.

Lanjut Dandim, Disamping itu Penghijauan memiliki manfaat yang begitu besar sarana untuk melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran. Dengan adanya penghijauan akan menurunkan suhu suatu tempat. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat ligkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.

“Semakin besar pohon, maka semakin banyak juga oksigen yang dihasilkan per tahunnya. Satu pohon rata-rata mampu melepaskan sekitar 130 kg oksigen per tahun. Itu sebabnya hutan disebut sebagai paru-paru dunia,” Kata Letkol HTL sapaan akrab Dandim Manado.

Sementara itu Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Kakesbangpol Kabupaten Minahasa Janny H. Moniung mengatakan apresiasi yang tinggi terhadap Kodim 1309/Manado yang telah melaksanakan progam penghijauan di wilayah Kabupaten Minahasa.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 1309/Manado beserta segenap jajarannya yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan penghijauan atau reboisasi pada hari ini,” kata Kakesbangpol Minahasa.

Selain mengajak para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan stakeholders terkait lainnya untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan dan alam sekitarnya.

“Kami harapkan dengan penanaman pohon ini dapat bermanfaat dan dirasakan dampak positif, tentunya efek jangka panjang bagi lingkungan. Juga tentunya, untuk membantu mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor,” pungkas Kakesbangpol Kabupaten Minahasa.

Kegiatan turut dihadiri Ketua Hipakad Sulawesi Utara, Kakesbangpol Kota Manado, Anggota Dewan Kab. Minahasa (Romy Leke), Kasatpol PP Kota Manado, Kasatpol PP Kab. Minahasa, Kalak BPBD Kota Manado, Camat Pineleng, Pasiterdim 1309/Manado, Danramil 1309-04/PTM, Kapolsek Pineleng, Kapuskes Pineleng, Ketua FKKPI Kec. Pineleng, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Personel Kodim 1309/Manado, Siswa-siswi SMP Pineleng.(50)

Komentar