Wasrik Current Audit di Kodim Manado

Sulut107 views

METRO, Manado- Komandan Kodim (Dandim) 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) didampingi Kasdim 1309/Manado Letkol Inf Dedi Junaedi bersama seluruh perwira menyambut tim pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) Current Audit Inspektorat Kodam XIII/Merdeka di Makodim 1309/Manado, Rabu (6/9/2023).

Tim Wasrik Current Audit Itdam XIII/Merdeka dipimpin Ketua Tim Kolonel Arh Djonlie T. Kaligis, S.Pd.,M.Si (Irutben Itdam XIII/Mdk) bersama rombongan melaksanakan kegiatan Wasrik Current Audit di Kodim 1309/Manado.

Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Kolonel Arh Djonlie T. Kaligis, S.Pd.,M.Si beserta Tim Wasrik Current Audit Itdam XIII/Merdeka di Kodim 1309/Manado.

Kegiatan Wasrik Current Audit dari Itdam XIII/Merdeka merupakan langkah dan upaya pimpinan TNI AD mengawasi dan memeriksa pelaksanaan program kerja satuan Kodim 1309/Manado sebagai upaya mewujudkan tertib administrasi di lingkungan TNI Angkatan Darat.

“Kodim 1309/Manado siap menerima kunjungan Tim Wasrik Current Audit ltdam dan akan membantu pelaksanaan tugas Tim Wasrik dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Lebih lanjut Dandim berharap, “Hasil Current Audit ltdam XIII/Merdeka dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan introspeksi, serta sebagai tolak ukur Kodim dalam upaya penyempurnaan kegiatan, maupun sebagai pedoman bagi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran di Kodim 1309/Manado.

Dandim juga menyampaikan kepada para Perwira Staf Kodim agar menyiapkan bahan keterangan atau data yang diperlukan oleh Tim Current Audit ltdam, karena pada dasarnya Tim Current Audit ltdam adalah mitra kerja yang akan membantu kita dalam menertibkan administrasi disetiap pelaksanaan kegiatan.

Sementara sambutan Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi yang dibacakan Ketua Tim Current Audit Itdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Djonlie T. Kaligis, S.Pd.,M.Si mengucapkan terimakasih atas sambutan dari Dandim 1309/Manado beserta perwira jajaran, Kegiatan pengawasan merupakan fungsi manejemen dimana manejemen ada tahap Perencanaan dan tahapan pengakhiran sebagai sarana pengendalian di dalam melaksanakan tugas di dalam pengawasan di lingkungan kodam XIII/Merdeka dilaksanakan oleh Itdam XIII/Merdeka dalam rangka membantu panglima Kodam menyelenggarakan pengawasan baik kinerja dan pembendaharaan serta pengawasan khusus terhadap organisasi Jajaran Kodam XIII/Merdeka dengan bertujuan untuk mewujudkan ketaatan dan penertiban terhadap aturan, sehingga tercapainya tertib efisien dan ekonomis sehingga tidak ada kecurangan.

Lebih lanjut, secara umum kegiatan pengawasan Current Audit merupakan layanan konsultasi untuk memberikan nilai tambah atau perbaikan, pengendalian, serta mencegah kemungkinan terjadinya kesalahan mulai tahap perencanaan dan pembuatan laporan dan pertanggungjawaban Keuangan.

“Untuk Current Audit ini tujuannya utk memberikan layanan konsultasi tentunya sifat konsultasi merupakan cara kegiatan Current Audit ini apabila di dalam melaksanakan temuan kita bisa melaksanakan konsultasi,” pungkas Kolonel Arh Kaligis.

Dikatakannya, untuk current audit lebih kepada pengawasan konsultasi untuk mengecek produk administrasi Program Triwulan I dan Triwulan II Tahun Anggaran 2023 agar sesuai ketentuan dengan harapan nantinya saat Post Audit maupun Fre Audit tidak terdapat kesalahan yang berulang.

“Apabila ada temuan serta hal hal yang masing kurang jelas agar selama pemeriksaan ditanyakan kepada Tim Current Audit agar jelas sesuai dengan ketentuan yang ada,” imbuhnya.

Turut hadir dalam rombongan Tim Wasrik Current Audit diataranya Letkol Inf Ayidin Pakaya, S.Ag (Irdyater Itutum Itdam XIII/Mdk), Letkol Inf Benny Lesmana, SE. M. Han (Sekretaris Itdam XIII/Mdk), Letkol Inf Muhammad Ridwan, S.Ag ( Irdyaintel Itutum Itdam XIII/Mdk), Letkol Inf Abdul Samad ( Irdyaops Itutum Itdam XIII/Mdk), Letkol Inf Sinjo S. Tumiwa, S.P (Irdyaverku Itutben Itdam XIII/Mdk), Serka Arfian Rau (operator).(50)

Komentar