Dandim Manado: Mari Tingkatkan Kualitas Keimanan dan Ketaqwaan

Sulut93 views

METRO, Manado- Kodim 1309/Manado, Kamis (29/06) pagi, menggelar Sholat Idul Adha 1444 Hijriyah yang berlangsung dilapangan Markas Kodim yang diikuti oleh warga asrama Kodim dan masyarakat sekitar dan jamaah Masjid At Taqwa Winangun, Kecamatan Malalayang.

Shalat Idul Adha 1444 Hijriyah mengusung tema Melalui Hikmah Idul Adha 1443 Hijriyah / 2023 Masehi, kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan serta sikap rela berkorban guna mewujudkan Prajurit yang Profesional dan dicintai Rakyat,” dengan Khatib Dr. H. Abdul Latif Samai, MM., M.Pd. dan Imam shalat Idul Adha Pinsen Mokodompit, S., Ag.

Komandan Kodim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom., M.Tr (Han) saat diwawancarai awak media usai pelaksanaan sholat Idul Adha mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah – 2023 Masehi” bagi masyarakat Kota Manado.

Letkol HTL sapaan akrab Dandim 1309 Manado juga menghimbau, mari kita tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan menjalin kebersamaan dan peduli dengan lingkungan terutama masyarakat atau saudara saudara muslim pada Hari raya qurban ini.

“Banyak hikmah yang dapat dipetik dalam momentum perayaan Idul Adha seperti ini. Selain itu juga, untuk memupuk rasa kepedulian kita terhadap sesama umat muslim untuk secara bersama-sama ikut membantu membahagiakan saudara-saudara muslim pada Hari Raya qurban tersebut,” ucap Dandim.

Pada hari ini kita disatukan oleh kalimat Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar
Allahu Akbar walillahilhamd. Karena itulah pada hari ini kita hadir bersama untuk melaksanakan shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah, Kamis 29 Juni 2023 ini.

“Rangkaian momentum ini semata-mata adalah untuk membesarkan nama Allah. Mudah-mudahan dengan hikmah dari Idul Adha yang telah diberikan Allah melalui kisah nabi Ibrahim dan Ismail, dapat menjadi hikmah bagi kita untuk tetap tabah menghadapi semua cobaan maupun ujian yang kita dapati.” jelas Dandim Lulusan Akmil 2000 ini.

Pada penyelenggaraan shalat Idul Adha Letkol HTL juga mengajak kepada jamaah shalat Idul Adha untuk dapat selalu mengingat amanah yang dititipkan Allah pada tiap masing-masing individu.

“Kembali saya mengajak kepada kita semua agar selalu mengingat akan perlunya ikhlas dalam mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, maupun materi dalam jalan Allah. Mengapa? Karena semua itu merupakan amanah atau titipan dari Allah dan nantinya akan kita pertanggungjawabkan.” pungkasnya.

Pada saat Khotbah, Khatib Abdul Latif menyampaikan Hari ini adalah hari yang agung, hari yang mulia, dimana semua umat Islam akan melaksanakan shalat Idul adha bersama-sama, baik di masjid maupun di lapangan, dan akan dilanjutkan pula dengan penyembelihan hewan qurban yang kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada yang berhak menerimanya.

Pada hari ini juga di padang Arafah, di tanah suci Mekkah sedang berkumpul semua umat Islam di seluruh dunia untuk menunaikan ibadah haji, semoga yang melaksanakan ibadah haji di tahun ini di mana 3 tahun ini kita terhalang oleh pandemi dan tidak dapat melaksanakan ibadah haji Allah jadikan hajinya di tahun ini haji yang mabrur dan semoga Allah berikan kesehatan dan keselamatan hingga kembali ke negaranya masing-masing.

Idul Adha yang erat kaitanya dengan Nabi Ibrahim, Ibadah Idul Adha memiliki makna yang sangat penting diantaranya makna edukatif, yakni bagaimana nabi Ibrahim membangun keluarga dan mendidik putranya.

“Karena dengan Idul Adha merupakan momentum untuk Ibadah berkurban, saling menghormati dan mengedepankan kemaslahatan umat manusia bagi kehidupan dunia dan akhirat,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1309/Manado, masyarakat jamaah sholat Idul Adha.(50)

Komentar