Sektor Pariwisata dan Data Center Jadi Pendorong Konsumsi Listrik Semester I-2023

Ekonomi59 views

METRO, Manado- Sektor bisnis menjadi salah satu penopang sektor yang berkontribusi cukup tinggi terhadap pertumbuhan konsumsi listrik dalam negeri pada periode semester I-2023. Sektor ini menyumbang realisasi pertumbuhan hingga 13,07 persen.

Perkembangan dunia Berkembangnya dunia digital di Indonesia menjadi pendorong pertumbuhan konsumsi listrik khususnya di sektor data center. Sektor pariwisata juga menjadi salah satu sektor yang bertumbuh tercermin dari pertumbuhan konsumsi di sektor perhotelan dan mall.

“Salah satu kontributor pertumbuhan penjualan listrik di semester satu tahun ini adalah sektor bisnis,” ujar, Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN.

Menurut Darmawan, meningkatnya konsumsi listik di sektor bisnis berarti perekonomian masyarakat terus tumbuh.

“Penjualan listrik untuk sektor rumah tangga juga meningkat. Sampai dengan Juni 2023 mencapai 58,69 TWh atau naik 3,2 persen dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Pemulihan ekonomi dan meningkatnya aktivitas masyarakat, menurut Darmawan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan konsumsi listrik di sektor rumah tangga.

“Saat ini arah electrifying lifestyle semakin berkembang dan diadaptasi baik oleh masyarakat. Kecanggihan teknologi mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi listrik yang lebih besar saat ini,” ungkap Darmawan.

Ia mengatakan, PLN juga telah memetakan potensi-potensi dan menyiapkan strategi untuk terus mendorong penjualan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2023.

“Kami akan terus mencari ceruk-ceruk pasar baru untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan ke pelanggan. PLN ingin listrik ini menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial,” pungkas Darmawan.(71)

Komentar