Tingkatkan Kompetensi dan Pengetahuan Petugas, PLN Gelar Kampus Yantek

Ekonomi10 views

METRO, Tahuna- PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Tahuna menggelar kegiatan Kampus Yantek bagi petugas ULP Tamako dan ULP Petta yang diselenggarakan oleh Bagian Keselamatan, Kesehatan, Kerja, Lingkungan, dan Keamanan di Aula Kantor UP3 Tahuna (11/07).

Kegiatan bertajuk “Upskilling Optimalisasi RCT RPT dan Pelatihan Vertical Rescue” ini dalam rangka mendukung pelayanan PLN kepada pelanggan yang tepat waktu dan teknik penyelamatan pekerjaan yang berhubungan dengan lokasi-lokasi ketinggian itu dibuka langsung oleh Manager UP3 Tahuna, Muhammad Taufik.

Manager Bagian Jaringan dan Konstruksi, Fernando Martua Agustinus mengatakan, kegiatan ini berlangsung satu hari dengan full teori dan praktek lapangan. “Kegiatan ini kami selenggarakan untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan teknis petugas pelayanan teknik secara teori maupun praktek di lapangan,“ kata Fernando.

Pada kesempatan ini, Fernando menjelaskan tentang peningkatan kualitas dan upskilling yantek PLN UP3 Tahuna terkait RCT RPT. “Para petugas juga perlu mengupgrade skill dalam menguasai aplikasi berbasis mobile dimana sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan petugas,“ ungkapnya.

Selanjutnya, para peserta Kampus Yantek ini juga dibekali materi tentang vertical resque yang dipaparkan oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kabupaten Sangihe.

“Vertical rescue merupakan penyelamatan yang dilakukan untuk lokasi-lokasi yang berhubungan dengan ketinggian dan kemampuan dalam formasi Teknik,“ jelas Sahir, Rescuer Pemula Basarnas Kabupaten Sangihe.

Sahir menambahkan, dalam vertical rescue dibutuhkan kemampuan pasukan yang sangat cekatan, memiliki kemampuan, baik dalam fisik maupun psikologis. Anggota tim dalam vertical rescue diperlukan keberanian baik dalam menangani korban maupun dengan masalah ketinggian.

“Kemudian Para petugas yantek diberikan pelatihan mengenai teknik penyelamatan vertical resque di Gudang Eneratu PLN ULP Petta,“ pungkasnya.

Manager UP3 Tahuna, Muhammad Taufik, menutup kegiatan Kampus Yantek ini dengan harapan setelah kegiatan Edukasi K3, Pelatihan Vertical Rescue dan Upskilling Yantek ini, seluruh petugas dapat memahami dan dipraktekan dalam pekerjaan untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

“Semoga kita selalu sehat serta bekerja dalam keadaan aman dan nyaman dengan memperhatikan aspek K3 dan SOP pekerjaan, karena pelayanan kita kepada masyarakat menjadi fokus kita bersama,“ tutup Taufik.

Untuk kemudahan layanan, masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. Dengan PLN Mobile masyarakat dapat melaporkan potensi gangguan kelistrikan serta layanan menarik lainnya. Dengan PLN Mobile, semua makin mudah.(71)

Komentar