Nyong Noni Sulut 2023 Digelar 10-16 September, Edisi Spesial 50 Tahun

Sulut119 views

METRO, Manado- Pemilihan Nyong dan Noni Sulut (PNNS) 2023 kembali digelar. Tahun ini PNNS terasa spesial, karena memasuki perhelatan ke 50, sejak pertama kali diselenggarakan tahun 1973 silam.

Para finalis akan mulai menjalani masa pra karantina secara online pada 5-6 September. Dilanjutkan karantina pada 10-16 September di Hotel Novotel, Manado dan Villa Emitte, Tomohon.

Final akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023 malam, di Bukit Inspirasi Tomohon, yang akan dirangkaikan dengan malam puncak perayaan 50 tahun ajang PNNS.

PNNS 2023 diikuti 20 orang finalis yang berasal dari 9 kabupaten kota, yaitu Minahasa Selatan, Sangihe, Minahasa Kotamobagu, Boltim, Manado, Minut, Bitung.

Rangkaian acara PNNS 2023 diawali dengan pelaksanaan talent show pada Rabu 13 September mulai pukul 17.00 Wita, di atrium Mega Mall Manado. Dilanjutkan pembukaan karantina oleh Gubernur Sulut, pemeriksaan kesehatan, tes MMP kesehatan mental, serta table manner.

Para finalis juga akan melakukan road show mengelilingi Kota Manado. Penanaman pohon di taman kota, kunjungan ke panti asuhan, dan sejumlah agenda lainnya.

“Tahun ini spesial karena bertepatan dengan anniversary 50 tahun penyelenggaraan PNNS dan HUT Propinsi Sulut,” ujar Ketua Ikatan Nyong dan Noni Sulut, Kartika Devi Tanos, kepada awak media dalam konferensi pers, di Novotel Manado, Selasa (5/9) siang.

Devi menjelaskan, kriteria penilaian PNNS 2023 meliputi brain, beauty, behavior dan brave. “Poin terbesar penilaian adalah behavior,” jelasnya.

Menurut Devi, Pemilihan Nyong Noni Sulut menjadi ajang untuk menampilkan potensi terbaik dari generasi muda di seluruh kabupaten kota se Sulawesi Utara.

“Sangat disayangkan masih ada daerah yang tidak mengirimkan wakilnya tahun ini, karena saya yakin banyak potensi yang dimiliki generasi muda disana. Semoga tahun-tahun mendatang semua kabupaten kota bisa ikut,” kata Devi, wanita yang merupakan istri tercinta Wakil Gubernur Sulut ini.

Ketua panitia PNNS 2023, dr Lidya Tulus, MARS, mengatakan, ajang PNNS diharapkan menjadi regenerasi
pemuda pemudi terbaik Sulawesi Utara untuk membangun daerah dan
membawa Sulawesi Utara menjadi terdepan di bibir Asia Pacific.

“Diharapkan semua peserta, bisa mengikuti rangkaian kegiatan ini untuk mengkolaborasikan semua bakat dan potensi, sehingga bisa menjadi duta Sulut di dunia,” katanya.

Malam final PNNS 2023 akan terasa semakin spesial, karena bakal menghadirkan para pemegang gelar Nyong Noni Sulut dari tahun ke tahun.(71)

Komentar