Jalur Keluar Masuk Tol Manado-Bitung di Sagerat dan Pateten Diperluas

Sulut150 views

METRO, Manado- Jalur keluar masuk Jalan Tol Manado-Bitung di Kelurahan Sagerat dan Pateten bakal diperluas. Perluasan ini guna mengantisipasi kemacetan dan meminimalisir kecelakaan.

“Penambahan lahan di seksi 2 Tol Manado Bitung. Kini persiapannya sudah masuk di pendataan awal,” ujar Asripan Nani, Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah Lahan Seksi 2 Tol Manado-Bitung, saat ditemui awak media usai peninjauan lokasi, Rabu (6/9/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Daerah Provinsi Sulut, Alexander Wattimena, mengatakan, pihaknya mendampingi kepanitiaan.

“Penambahan lahan Tol Manado-Bitung ini supaya jauh lebih aman terhindar dari kecelakaan. Luasnya sekitar 1 hektar sekitar Sagerat dan Pateten,” jelasnya.

Sementara itu, Staff PPK Tol Manado-Bitung, Fuad Tangkudung, menjelaskan, setelah pendataan awal dilanjutkan dengan konsultasi publik. Kemudian akan diusulkan ke Gubernur Sulut guna dibuatkan penetapan lokasi (Penlok).

“Setelah Penlok keluar, pekerjaan ini dilanjutkan tim pelaksana habis itu didelegasikan ke Kanta atau Kanwil BPN Sulut. Mekanismenya diberikan kepada tim pelaksana,” ujarnya.

Dia menegaskan tahapan persiapan belum langsung dilakukan pembayaran. Jadi dia mengimbau agar warga jangan langsung berpikir sudah akan diberikan pembayaran.

“Jadi luasan yang kita identifikasi mencapai 10.724 meter persegi dari 52 bidang,” pungkasnya.(71)

Komentar