Wawancara Paritrana 2023: 8 Pemda di Sulut Beberkan Capaian Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

METRO, Manado- Delapan pemerintah daerah kabupaten-kota di Sulawesi Utara yang masuk nominasi ajang Penghargaan Paritrana Award 2023, mengikuti tahapan wawancara, di Hotel Luwansa, Manado, pada Selasa (6/2/2024).

Delapan kabupaten kota yang dinilai memenuhi syarat tersebut, yaitu Kota Manado, Bitung, Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Sitaro, Bolaang Mongondow, dan Bolaang Mongondow Selatan.

Di hadapan panelis, para perwakilan Pemda menyampaikan capaian kinerja perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di daerahnya masing-masing. Dari hasil wawancara akan dipilih kabupaten/kota yang akan mewakili Sulut di tingkat nasional.

“Semoga dari hasil wawancara ini ada yang mewakili Sulawesi Utara untuk masuk ke nominasi tingkat nasional. Tahun sebelumnya kita punya Kota Manado dan Bitung,” ujar Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Utara, Sunardy Syahid, kepada awak media.

Menurut Sunardy, tim penilai merupakan perwakilan dari pemerintah, ahli jaminan sosial, ahli kebijakan publik, ahli pemberdayaan masyarakat, unsur pengusaha, unsur serikat pekerja dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Tim panelis dari berbagai kalangan. Ada ahli jaminan sosial, ahli ekonomi, ahli hukum, ahli kebijakan publik,” kata Sunardy.

Ia menambahkan, saat diwawancara para bupati dan walikota berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan khususnya perlindungan untuk pekerja rentan.

“Dalam proses wawancara ini kami juga meminta komitmen dan inisiasi untuk perlindungan pekerja rentan desa,” pungkas Sunardy.(71)

Komentar