Inovasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bawa Pemkab Minahasa Masuk Nominasi Paritrana 2023

Ekonomi31 views

METRO, Manado- Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong, mengikuti tahapan wawancara ajang penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan, Paritrana Award 2023, di Hotel Luwansa Manado, Selasa (6/2/2024).

Di hadapan para panelis, Bupati Kumendong memaparkan capaian kinerja program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

“Intinya kita memaparkan inovasi-inovasi terkait cakupan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kumendong, saat ditemui awak media usai mengikuti wawancara.

Dijelaskan Kumendong, inovasi yang dihadirkan Pemkab untuk melindungi pekerja di Kabupaten Minahasa, antara lain Program Mapalus, dan Ekosistem Desa.

“Melalui Program Mapalus kami melindungi 15.000-an tenaga kerja rentan,” ujar Jemmy.

Sementara Program Ekosistem Desa berhasil melindungi sekitar 17.000-an tenaga kerja. “Saya rasa yang melakukan hal ini baru Kabupaten Minahasa diantara 15 kabupaten kota di Sulut lainnya,” ungkapnya.

“Selain itu, tenaga kerja non ASN, aparat desa, THL dan sebagainya telah terlindungi melalui dana APBD, yang dilakukan oleh hampir semua kabupaten dan kota,” kata Kumendong menambahkan.

Sehingga, kata Jemmy cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Minahasa telah mencapai 78 persen.

“Ke depan akan terus kami tingkatkan dengan harapan bisa mensejahterakan masyarakat miskin di daerah,” katanya.

Lebih jauh Jemmy mengungkapkan bahwa anggaran yang dialokasikan untuk membayar iuran tenaga kerja tersebut sebesar Rp10 miliar.

“Semoga Minahasa bisa masuk dalam nominasi Paritrana Award 2024 tingkat nasional,” pungkas Kumendong.(71)

Komentar