Sejumlah Lokasi Diterjang Bencana, Bupati Ganda Ingatkan Waspadai Cuaca Buruk 

METRO, Airmadidi – Sejumlah lokasi di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) diterjang bencana, Sabtu (02/03/2024). Pemkab Minut dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda langsung melakukan penanganan dan mengimbai masyarakat untuk mewaspadai cuaca buruk yang terjadi..

Bupati langsung menginstruksikan BPBD, Camat dan jajaran, serta instansi terkait untuk langsung turun ke lokasi bencana untuk meninjau kondisi di lapangan. Dinas terkait diinstruksikan untuk segera melakukan pendataan dan assessment kerusakan akibat bencana alam, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan.

Penanganan pohon tumbang di rumah warga.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan kesigapan terhadap potensi bencana alam di musim hujan seperti saat ini,” imbau Bupati Joune Ganda.

Menurut Bupati, Pemkab Minut akan terus berupaya membantu masyarakat yang terdampak bencana alam. “Kami juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu membahu dan membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah,” sebut Ganda..

Lanjutnya,  dinas terkait akan segera melakukan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana alam, seperti jalan, jembatan, dan jaringan listrik.

Sementara itu Sekda Novly Wowiling didampingi Asisten I, Umbase Mayuntu mengungkapkan ada empat titik utama yang terdampak bencana. Sekda juga mengingatkan sesuai prakiraan cuaca, perlu diwaspadai cuaca buruk yang  masih akan terjadi.

Pemkab Minut menyediakan hotline untuk laporan/Pengaduan Bencana, yaitu : 

(Nomor chat WhatsApp) 0813-8000-7460

Wa Lapor JaGa KaWaL 0811 5350 1123

CALL CENTER Minut Siaga JGKWL: 112.

Empat Titik Terdampak Bencana di Minut : 

Kecamatan Wori 

  1. Tiwoho (banjir)
  2. Kima Bajo (pohon tumbang) 
  3. Talawaan atas ( longsor) 
  4. Talawaan bantik (longsor)

Kecamatan Talawaan

  1. Mapanget (Banjir)
  2. Talawaan (Sungai Meluap)
  3. Winetin (Banjir)

Kecamatan Dimembe 

  1. Tatelu (Banjir)

Kecamatan Airmadidi (Saluran air meluap)

(RAR)

Komentar