10 Kg Emas Ilegal Diamankan di Bandara Samrat, 3 Pelaku Ditangkap

METRO, Manado- Upaya pengiriman 19 batang emas seberat 10 kilogram (Kg) melalui jalur udara berhasil digagalkan Polda Sulut.

Emas-emas batangan tersebut diamankan di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, pada Selasa (23/4/2024) sekitar pukul 12.15 Wita.

Emas batangan hasil pertambangan emas tanpa izin (PETI) di wilayah Sulawesi Utara ini, diduga akan dibawa ke wilayah Surabaya untuk dijual kembali.

Dalam konferensi pers di Mapolda Sulut, Kapolda Irjen Pol Yudhiawan, mengungkapkan bahwa pihaknya juga mengamankan tiga orang tersangka, yaitu perempuan LS (58), lelaki MR (35) dan RH (36).

“Para tersangka ditangkap di Bandara Samrat saat akan melakukan pengiriman batangan emas. Para tersangka membawa emas tersebut dalam sebuah ransel berwarna hitam yang sudah digembok,” ungkapnya.

Menurut Yudhiawan, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa peralatan pengolahan emas. Kata dia, para tersangka dikenakan Pasal 161 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batubara.

“Para tersangka terancam pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak seratus miliar rupiah,” katanya.(71)

Komentar