PLN Bantu Pengembangan Wisata Air Terjun Tekaan Telu di Tomohon

Ekonomi76 views

METRO, Manado- Demi mendukung pengembangan lokasi eksotis pariwisata yang ada di Sulawesi Utara, Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto menyerahkan langsung bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, pada Kamis (18/04).

Bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kawasan wisata sekaligus mendorong minat wisatawan baik domestik dan internasional di Indonesia.

Bantuan diserahkan untuk mengembangkan kawasan wisata Air Terjun Tekaan Telu yang berlokasi di Kelurahan Tinoor Satu, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Air terjun ini merupakan satu dari sekian kawasan pariwisata eksotis yang tentunya sangat memanjakan wisatawan dengan pesona alamnya yang asri karena masih dikelilingi dengan pepohonan di tengah hutan.

Adi Priyanto mengatakan bantuan TJSL ini bertujuan untuk menaikan kelas kawasan wisata beserta UMK di dalamnya sehingga dapat berdampak pada perekonomian daerah.

“Untuk membantu mengembangkan pariwisata yang ada di Tomohon Tekaan Telu Air Terjun yang nantinya kita kembangkan untuk menjadi wisata yang menarik, tentunya sudah ada wisata yang menarik tapi kita lebih naik kan kelasnya supaya nantinya banyak orang yang datang ke Tomohon untuk beriwisata di sana tentunya tujuan untuk mensejahterahkan masyarakat Tomohon,” tutur Adi.

Bantuan yang diserahkan PLN dalam bentuk Lapak untuk menunjang Usaha Mikro Kecil (UMK) yang ada di Kota Tomohon untuk dapat menunjang aktivitas pariwisata di Air Terjun Tekaan Telu.

Tidak sampai di situ, PLN pun menyerahkan beberapa bantuan fasilitas pendukung berupa tenda, peralatan listrik, meja dan kursi, totem, hingga penyediaan fasilitas home stay bagi wisatawan yang tertarik menginap untuk menikmati ketenangan dan panorama air terjun.

Lebih lanjut Adi Priyanto menyampaikan upaya dan bentuk bantuan yang PLN berikan bagi pengembangan kawasan wisata Air Terjun Tekaan Telu ini dengan banyak pengembangan dan fasilitas yang lengkap.

“Kita berikan bantuan sebanyak 395 juta kurang lebih yang digunakan untuk mengembangkan beberapa sarana, sarana peralatan, listrik, ada kios-kios yang bisa kita perbaiki dan kembangkan supaya lebih bagus lagi kemudian ada nama-nama kiosnya. Nah ini tentunya supaya bisa lebih menarik kunjungan wisatanya,” ujar Adi.

Adi Priyanto menyampaikan harapannya agar bantuan ini dapat menjadi stimulus pariwisata yang baik hingga daerah-daerah yang ada di sekitarnya.

“Sekali lagi mudah-mudahan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dan akan dikembangkan menjadi wisata-wisata yang menarik di Tomohon dan juga di daerah-daerah lain di seluruh wilayah Indonesia,” tutup Adi.

Senada dengan Adi, Caroll Senduk pun menyampaikan bahwa wisata Air Terjun Tekaan Telu memang membutuhkan pengembangan agar dapat berkembang semakin baik dan PLN hadir di saat yang tepat.

“Dan tentu diharapkan terus mendapat bantuan pengembangan wisata yang ada di Tekaan Telu, karena wisata ini cukup menantang dan ini juga ada di wilayah kota Tomohon dan pada sebagian jalan menuju arah tempat wisata barangkali kalau kita turun ke bawah melewati sebagian tanah dari PLN,” ucap Caroll.

Ia pun menambahkan harapannya akan kolaborasi antara PLN dan Pemerintah Kota Tomohon dapat terus terjalin di masa yang akan datang.

“Makanya tentu, apa yang diberikan ini kami pemerintah dan masyarakat akan memanfaatkannya dengan baik. Kiranya PLN dan Pemerintah boleh bekerja sama. Sekali lagi disampaikan terima kasih,” pungkas Caroll

Bantuan ini diharapkan menjadi bentuk dorongan yang besar bagi Sulawesi Utara khususnya Pemerintah Kota Tomohon yang tengah gencar mempromosikan pariwisatanya dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak sampai pada bantuan TJSL, PLN pun terus mengembangkan kapasitas kelistrikan meliputi daya mampu hingga jaringan listrik yang andal untuk dapat memenuhi demand kelistrikan di lokasi-lokasi pariwisata yang ada di Sulawesi Utara. Saat ini sistem kelistrikan SulutGo memiliki surplus daya mampu kelistrikan sebesar 152,97 Mega Watt (MW) yang dinilai sangat mampu dalam menopang pengembangan pariwisata yang ada.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) Ari Dartomo pun mendorong agar para pelaku pariwisata tidak ragu untuk berinvestasi.

“PLN sudah sangat siap untuk mendukung geliat pariwisata yang ada. Lokasi pariwisata eksotis seperti Air Terjun Tekaan Telu menjadi contoh satu dari sekian lokasi yang dapat dikembangkan menjadi lebih baik untuk menarik minat wisatawan,” tutur Dartomo.

Sebagai bentuk layanan one stop service, PLN pun menyediakan aplikasi PLN Mobile yang juga menyuguhkan layanan instan bagi pelanggan untuk segala kebutuhan listrik yang ada. Terlebih khusus para pelaku UMK pun disediakan menu Marketplace untuk dapat meningkatkan produktivitasnya lewat mekanisme penjualan e-comercee PLN Mobile.

Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh gratis dari App Store dan Play Store.(71)

Komentar