Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bupati JG Tetapkan Minut Darurat Bencana

METRO, Airmadidi – Kabupaten Minahasa Utara mengalami dampak erupsi Gunung Ruang yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Menyikapi situasi tersebut, Bupati Joune Ganda memutuskan untuk menetapkan status darurat bencana setelah menggelar pertemuan bersama Forkopimda dan BNPB Provinsi serta stakeholder pada Selasa (30/04/2024) di ruang rapat Bupati.

“Berdasarkan informasi, data, dan fakta di lapangan secara lengkap, kami memandang perlu dan memutuskan bahwa di Kabupaten Minahasa Utara perlu dilakukan penetapan darurat bencana akibat dari erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro,” kata Bupati Joune Ganda.

Menurut penjelasan Bupati, langkah ini diambil untuk mengantisipasi kedatangan pengungsi dari Kabupaten Kepulauan Sitaro, serta mempertimbangkan bahwa sejumlah desa di Kabupaten Minahasa Utara berdekatan dengan daerah yang terdampak.

“Upaya mitigasi cepat yang kami lakukan termasuk membagikan masker kepada masyarakat dan menetapkan libur bagi anak-anak yang bersekolah. Kami juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah, mengingat adanya abu vulkanik dan gas SO² yang berbahaya akibat erupsi Gunung Ruang,” tegas Bupati.

Selain itu, Bupati juga menyebut bahwa pihaknya sedang menyiapkan bantuan untuk kebutuhan dasar seperti makanan dan kebutuhan lainnya.

“Atas kondisi darurat yang berbahaya bagi kesehatan, saya sudah menginstruksikan kepada perangkat-perangkat daerah untuk melakukan peninjauan langsung di lapangan dan memberikan informasi agar kami bisa langsung mengambil langkah yang tepat untuk penanggulangan bencana ini,” tandasnya.(RAR)

Komentar