Peluang Kerja ke Jerman dan Jepang Terbuka, Gaji Hingga Rp30 Juta

METRO, Manado- Kesempatan berkarier di luar negeri terbuka lebar bagi warga Sulawesi Utara. Dua negara di eropa dan asia, yaitu Jerman dan Jepang membuka peluang kerja untuk beberapa profesi.

Kepala Balai Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Manado, Hendra Makalalag, mengungkapkan pemerintah Indonesia melakukan kerja sama dengan Jerman dan Jepang dalam program goverment to goverment (G To G), dan specified skilled workers (SSW), untuk merekrut tenaga perawat dan pekerja dengan keahlian khusus.

“Sudah tiga tahun kita kerja sama dengan Jerman, sementara Jepang mulai tahun 2022 lalu,” kata Hendra, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (2/5/2024).

Dijelaskan Hendra, kesempatan kerja di kedua negara ini masih terbuka lebar. Pasalnya dari kuota 150 yang disiapkan baru 16 orang yang mendaftarkan diri.

“Mereka sudah selesai ikut tes dan akan segera menjalani pendidikan bahasa dan pelatihan keterampilan di pusat pelatihan Bandung,” jelasnya.

Kata Hendra, pada program SSW calon pekerja bebas memilih pekerjaan sesuai kompetensi, pada 14 sektor usaha di Jepang. “Antara lain pertanian, peternakan, perhotelan, dan industri pengolahan, bengkel, pabrik mobil, dan perawat Lansia,” katanya.

Hendra menuturkan, untuk bisa ikut program G To G dan SSW, calon pekerja wajib memiliki ijazah S1 dan D3, dan mengikuti serangkaian pelatihan dan tes.

“Calon PMI wajib mengikuti pelatihan dan harus lulus ujian bahasa. Peluang kerja ke Jerman dan Jepang ini sangat bagus dan bisa membantu kesejahteraan pekerja karena upahnya yang lumayan besar bisa sampai 30 juta per bulan,” ujarnya.(71)

Komentar