Sistem Kelistrikan Tagulandang Kembali Normal Pasca Erupsi Gunung Ruang

Ekonomi90 views

METRO, Manado- Tim Respon Cepat PLN berhasil menormalkan seluruh sistem kelistrikan Tagulandang, pada Sabtu (04/05) pukul 21.50 WITA. Proses normalisasi berlangsung cepat, hanya membutuhkan kurang lebih 45 jam bagi tim untuk memulihkan kelistrikan.

General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo, mengungkapkan pihaknya komit dengan rencana yang telah dibuat dengan terus memperhatikan keamanan petugas di lokasi pekerjaan. “Kami memikirkan semua kemungkinan dan risiko yang bisa terjadi dalam menormalkan sistem Tagulandang,” ucapnya.

PLN menurunkan total 78 petugas yang terdiri dari pegawai PLN, Tenaga Alih Daya, Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Mitra Kerja PLN hingga petugas dari Sub Holding PLN Nusa Daya. Seluruh anggota tim ini berasal dari Manado, Kotamobagu, dan Tahuna.

“Tadi malam kami menambah tambahan personil lagi sebanyak 11 petugas dari Kotamobagu untuk memperkuat tim yang sudah lebih dahulu berangkat ke Tagulandang,” ungkap Dartomo.

Senior Manager Distribusi PLN UID Suluttenggo Husein Sobri yang ditugaskan menjadi penanggung jawab tim di lokasi menyampaikan dari total 3 penyulang listrik, seluruhnya berhasil dipulihkan PLN sehingga suplai listrik di 49 gardu terdampak dapat menyala 100 persen.

“Kami berhasil memulihkan suplai listrik pada 7.735 pelanggan kami yang terdampak erupsi Gunung Ruang,” ujar Sobri.

Hal ini, kata Sobri, tidak terlepas dari kerja sama yang baik antar semua pihak yang terlibat baik internal PLN maupun bersama stakeholder terkait.“Kami tentunya berkolaborasi bersama semua pihak untuk menentukan skala prioritas penormalan dan mempercepat proses pekerjaan di lokasi,” tuturnya.

Manajer PLN UP3 Tahuna, M. Fauzan, yang juga sebagai otoritas pengelolaan distribusi listrik di Tagulandang, menyampaikan bahwa pihaknya paham betul bagaimana peran listrik dalam memenuhi stabilitas kondisi di Tagulandang.

“Keberadaan energi listrik sudah tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehingga kami berupaya agar kondisi kelistrikan di Tagulandang segera pulih dan bisa mendorong bergeraknya roda perekonomian lokal,” ujar Fauzan.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Tagulandang yang telah kembali dari daerah evakuasi agar dapat memanfaatkan fitur pengaduan pada aplikasi PLN Mobile.

“Jika masih ditemukan gangguan listrik pada rumah masyarakat jangan ragu-ragu menghubungi kami lewat aplikasi PLN Mobile,” ucapnya.

Aplikasi PLN Mobile sendiri merupakan media layanan kelistrikan super cepat PLN atas segala kebutuhan masyarakat. Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh gratis dari Play Store dan App Store.(71)

Komentar